Rabu, 16/10/2019 19:00 WIB

Toilet Emas Seharga Sejuta Dolar Dicuri dari Istana Inggris

Toilet 18 karat itu adalah puncak kemegahan pameran baru oleh seniman Italia terkenal Maurizio Cattelan.

Toilet Emas (foto: Google)

Jakarta, Jurnas.com - Polisi setempat pada Sabtu (14/09) memeriksa tempat para pencuri nakal yang mencuri toilet emas padat senilai 1,25 juta dolar AS dari salah satu rumah megah termegah Inggris, Istana Blenheim.

Dilansir Xinhua, Minggu (15/09), toilet emas padat 18 karat telah dicuri dalam satu malam pencurian di Istana Blenheim.

Toilet dipasang sebagai proyek seni di istana, yang terkenal sebagai tempat kelahiran perdana menteri waktu perang Inggris Winston Churchill, sekarang rumah bagi Adipati Marlborough.

Pencurian itu ditemukan hanya dua hari setelah mangkuk emas dipasang di toilet suite di Blenheim Palace.

Polisi percaya sekelompok pencuri masuk ke istana, mereka merusak toilet dari tempatnya dan melarikan diri dengan kendaraan, menyebabkan jejak kerusakan dan genangan air yang banyak.

Toilet 18 karat itu adalah puncak kemegahan pameran baru oleh seniman Italia terkenal Maurizio Cattelan. Toilet menarik banyak orang ketika pertama kali dipamerkan di museum Guggenheim New York pada tahun 2016,

Toilet itu bahkan terhubung ke sistem air istana sehingga pengunjung dapat, menggunakan idiom bahasa Inggris, "menghabiskan satu sen" asalkan mereka menyelesaikan kunjungan toilet dalam waktu tiga menit.

Istana ditutup pada hari Sabtu ketika petugas polisi memeriksa tempat kejadian kejahatan, dengan laporan media mengatakan satu orang telah ditangkap.

Seorang pejabat Istana mengatakan: "Kami sedih dengan peristiwa luar biasa ini, tetapi juga lega tidak ada yang terluka."

Inspektur Detektif Jess Milne dari Thames Valley Police mengatakan, karya seni yang telah dicuri adalah toilet bernilai tinggi yang terbuat dari emas yang dipajang di istana.

"Karena toilet yang masuk ke gedung, ini telah menyebabkan kerusakan dan banjir yang signifikan. Kami percaya kelompok pelaku menggunakan setidaknya dua kendaraan selama," tuturnya.

"Karya seni belum pulih saat ini tetapi kami sedang melakukan penyelidikan menyeluruh untuk menemukannya dan membawa mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan," tambahnya.

Polisi Thames Valley mengatakan kemudian seorang pria berusia 66 tahun telah ditangkap sehubungan dengan insiden itu dan tetap dalam tahanan polisi.

Istana Blenheim mengatakan Sabtu malam istana akan terbuka seperti biasa pada hari Minggu, dengan sisa karya seni Cattelan dipajang hingga 27 Oktober.

Istana, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO, dibangun sebagai hadiah untuk Adipati Marlborough pertama dari Ratu Anne sebagai ucapan terima kasih atas kemenangannya di Pertempuran Blenheim pada tahun 1704. Sekarang menjadi salah satu tempat wisata terbesar di Inggris.

TAGS : Toilet Emas Istana Inggris




TERPOPULER :