Minggu, 18/04/2021 07:15 WIB

Rouhani Umumkan Langkah Ketiga Iran pada Pakta Nuklir

Rouhani membeberkan, pengurangan komitmen ketiga Iran di bawah pakta nuklir kali ini akan menjadi langkah paling signifikan dan memiliki efek luar biasa.

Presiden Iran, Hassan Rouhani (Foto: Tehran Time)

Teheran, Jurnas.com - Presiden Hassan Rouhani, mengatakan, Iran dan Eropa tidak mungkin mencapai kesepakatan untuk menyelamatkan perjanjian nuklir multilateral 2015 pada Kamis (5/9).

Karena itu Teheran akan melanjutkan kembali rencananya untuk mengurangi komitmen ketiganya berdasarkan perjajian yang secara resmi dikenal Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA).

"Tidak mungkin kita akan mencapai kesepakatan final dengan Eropa hari ini atau besok. Karena itu, kami akan mengambil langkah ketiga. Kami akan merilis rincian langkah ketiga hari ini atau besok," ujar Rouhani dalam rapat kabinet, Rabu (4/9).

Rouhani membeberkan, pengurangan komitmen ketiga Iran di bawah pakta nuklir kali ini akan menjadi langkah paling signifikan dan memiliki efek luar biasa.

Fase ini, kata  Rouhani, akan mempercepat aktivitas Organisasi Energi Atom Iran (AEOI).

Mengomentari proses diplomatik Eropa yang dipimpin oleh Perancis yang bertujuan menyelamatkan kesepakatan Iran, Rouhani mengatakan bagian penting dari perbedaan antara Teheran dan Eropa telah diselesaikan, tetapi kedua belah pihak belum mencapai kesepakatan akhir.

Rouhani mengatakan pihak-pihak Eropa dalam kesepakatan Iran 2015, Perancis, Inggris dan Jerman memiliki dua bulan lagi untuk memenuhi kewajiban kontrak mereka untuk melindungi Iran terhadap sanksi-sanksi AS.

"Kami akan mengadakan petemuan (dengan Eropa) sambari mengambil langkah ketiga ini dan jika kami mencapai kesepakatan, masih akan ada cara untuk negosiasi, logika dan kesepakatan," kata Rouhani.

TAGS : Kesepakatan Nuklir Uranium Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :