Sabtu, 20/04/2024 13:05 WIB

Merajut Nusantara 2019, Merajut Persaudaraan Indonesia

Pergelaran pentas seni dengan tema “Merajut Nusantara 2019” untuk menjaga kebhinekaan Indonesia, bahwa semua bersaudara. 

Pentas seni dengan tema Merajut Nusantara 2019 mendapat antusias warga di Jakarta dan berbagai wilayah. (Foto : Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Pentas seni dan budaya yang mengambil tema “Merajut Nusantara 2019” digelar sukses di gelar di kawasan Monumen Nasional (Monas) Kota Jakarta, Senin (2/9) malam. Masyarakat berbondong-bondong datang untuk menyaksikan pertunjukan tersebut.

Penyanyi Edo Kondologit mengatakan, pergelaran acara ini bertujuan untuk merajut nusantara. Itu  artinya, untuk membangkitkan kembali semangat ke Indonesiaan, bahwa Tanah Air Tercinta Indonesia penuh dengan keberagaman. Acara ini juga menampilkan budaya Indonesia dari Barat sampai ke Timur.

“Indonesia itu satu dan bhineka tunggal ika. Kita semua tahu keadaan Indonesia hari ini adalah masalah kita kemarin di Papua yang membuat rasa kebersamaan kita terganggu dan terusik. Merajut Nusantara membuktikan bahwa kita semua sama dan kita Indonesia. Kita bersaudara sebangsa dan se Tanah Air,” tegas Edo Kondologit di acara tersebut, Senin (2/9).  

“Kita mau menunjukkan kita tetap bersaudara. Ada permasalahan mari kita selesaikan baik-baik, cari akar permasalahan. Budaya kita kan budaya musyawarah mufakat, artinya ada masalah kita omonginlah baik-baik. Dan inilah Indonesia beragam kita, itulah kekayaan kita sebagai bangsa Indonesia,” sambung Edo.

Kegiatan ini merupakan ajang untuk menunjukkan kerukunan budaya meski dari berbagai suku dan daerah yang berbeda. Kebersamaan masyarakat tergambar jelas dalam acara itu. Berbagai seni tari dan budaya hadir dalam pertunjukkan ini. Acara yang dimulai pukul 20.00 WIB, diawali dengan penampilan Inul Daratista dengan membawakan tembang lagu `Buaya Buntung`. Suasana langsung meriah dengan kesejukan suasana malam di tengah ibu kota. Disambung dengan penampilan tarian nusantara seperti Tari Kecak dari Bali, Fu Papua, Tari Enggrang dari Kalimantan, dan Tari Ratu Jari dari Aceh.

Selebritis Tanah Air nampak terlihat mengenakan baju adat., Ria Ricis mengenakan pakaian adat Jawa, kemudian Ade Mumu yang mengenakan adat Papua. Disusul Yosi, Nirina, Ellen Aragay, Arie Kriting, dan Ari Daging yang mengenakan pakaian adat daerah lainnya.

"Seni itu kita berbicara tentang keindahan, tentang sesuatu hal yang menyentuh batin. Sehingga kita berharap seni yang kita tampilkan malam hari ini akan memberikan warna dan menunjukkan kepada saudara-saudara kita, disini Indonesia dari Sabang sampai Marauke, dari Sumatera sampai ke Papua. Inilah kita Indonesia,” ujar Edo.  

“Dengan keanekaragaman itu, bukan berarti kita saling bermusuhan dan saling mencela, tapi justru kita harus bergandengan tangan, " timpal Nirina.

Ria Ricis yang merupakan perwakilan dari generasi muda pun mengatakan sebagai generasi muda, harus patut berbangga dengan persatuan Indonesia.

“Kalau bukan kita, lalu mau siapa lagi yang patut berbangga. Karena kita adalah NKRI, " papar Ria Ricis.


KEYWORD :

Kabar Artis Edo Kondologit Papua




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :