Kamis, 19/09/2019 03:05 WIB

Rektor UNJ Ajak Mahasiswa Baru Waspadai Radikalisme

Prof. Intan Ahmad menyampaikan sejumlah pesan kepada mahasiswa baru, dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019.

PKKMB 2019 di Universitas Negeri Jakarta (Foto: Muti/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Pelaksana tugas (Plt) Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof. Intan Ahmad menyampaikan sejumlah pesan kepada mahasiswa baru, dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019.

Salah satu di antaranya, Intan memperingatkan agar para mahasiswa baru senantiasa membentengi diri dari ideologi radikal, yang merongrong kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Hindari radikalisme. Karena negara kita sudah memiliki empat pilar, yakni NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika," kata Intan di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta, pada Senin (19/8).

Intan mengatakan bahwa 5.156 mahasiswa baru yang diterima di UNJ merupakan mahasiswa terpilih. Pasalnya, kata dia, persaingan untuk diterima di kampus berlabel lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) itu cukup ketat.

Bahkan, lanjut Intan, salah satu program studi (prodi) persaingan mencapai satu berbanding 200, di mana satu mahasiswa harus mengalahkan 200 pelamar lainnya.

"Anda orang pilihan. Kami para dosen dan tenaga kependidikan akan memfasilitasi Anda untuk menjadi orang hebat. Karena Anda adalah pilihan dari sekian juta pelamar di kampus ini," tegas Intan.

Mantan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) ini juga meminta mahasiswa baru memiliki semangat bela negara, selagi menuntut ilmu di UNJ.

Sebab kini Indonesia menghadapi tantangan yang lebih besar, terutama setelah ada Revolusi Industri 4.0. Sehingga, diperlukan upaya besar agar sains dan teknologi Tanah Air tidak kalah bersaing di level global.

"Di era ini, Anda harus merancang apa yang harus Anda lakukan di masa depan. Bahkan bisa jadi, pekerjaan yang ada sekarang, ketika Anda lulus nanti, pekerjaan tersebut sudah tidak ada, digantikan dengan jenis pekerjaan yang baru," tandas dia.

Kegiatan PKKMB 2019 UNJ diikuti oleh 5.156 mahasiswa baru yang terdiri dari delapan fakultas, yakni Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ekonomi, Fakultas MIPA, serta Fakultas Pendidikan Psikologi.

TAGS : Radikalisme Rektor UNJ PKKMB 2019 Intan Ahmad




TERPOPULER :