Senin, 09/12/2019 22:21 WIB

HUT Kemerdekaan Indonesia ke-74, Lima Transformasi dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-74 sudah banyak capaian yang dilakukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ada lima transfer transformasi kehidupan berbangsa dan bernegara yang sudah dilakukan.

Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono

Jakarta, Jurnas.com - Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-74 sudah banyak capaian yang dilakukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ada lima transfer transformasi kehidupan berbangsa dan bernegara yang sudah dilakukan.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono, dalam dialog Kenegaraan dengan tema "Langkah Demokrasi Republik Indonesia Setelah Usia ke-74?", di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/8).

Menurutnya, di samping telah melakukan reformasi, Indonesia telah terjadi lima transformasi besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pertama, sistem politik kita yang tadinya otoritarian menjadi lebih demokrasi.

"Kedua, sistem pemerintahan yang tadinya sentralisasi menjadi desentralisasi. Ketiga, masalah ekonomi sudah tidak berbasis sumber daya alam karena makin lama masalah kita menabrak lingkungan, ekonomi kreatif jasa dan sumber daya manusia menjadi terdepan," kata Nono.

Keempat, lanjut Nono, hubungan luar negeri masa lalu lebih pada ke-Indonesiaan, tetapi sekarang sudah harus berangkat dari kepentingan kawasan yaitu Indonesia dalam Asean, Indonesia dalam konteks Asia, dan Indonesia dalam konteks Asia Pasifik.

"Terakhir pendekatan keamanan sudah ditinggalkan, hukum di kedepankan," terangnya.

Menurutnya, lima hal besar tersebut yang terjadi transfer transformasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sepanjang 74 tahun kemerdekaan Indonesia.

"Oleh karena itu dengan menggunakan parameter ini menurut saya, kita melihat kondisi kita saat ini, tentu semakin dinamis dan kalau menurut saya semakin lebih maju," tutur Nono.

TAGS : Dialog Kenegaraan DPD HUT Kemerdekaan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :