Jum'at, 28/02/2020 02:40 WIB

Trump: Korea Selatan Setuju Bayar Lebih Banyak Uang ke AS

Korea Selatan sudah setuju mengeluarkan lebih banyak uang ke Amerika Serikat (AS) demi mempertahankan diri dari Korea Utara.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Washington, DC, 1 Agustus 2019. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengatakan, Korea Selatan sudah setuju mengeluarkan lebih banyak uang ke Amerika Serikat (AS) demi mempertahankan diri dari Korea Utara.

"Selama beberapa dekade terakhir, AS dibayar Korea Selatan sangat sedikit, tetapi tahun lalu, atas permintaan Presiden Trump, Korea Selatan membayar USD990.000.000," tulis Trump di Twitter, Rabu (7/8).

"Korea Selatan adalah negara sangat kaya yang sekarang merasa berkewajiban untuk berkontribusi pada pertahanan militer yang diberikan AS. Hubungan kedua negara sangat bagus!" ujar Trump.

Trump sudah lama mengeluhkan bahwa AS menanggung terlalu banyak beban keuangan untuk penempatan militernya di luar negeri dan meminta Korea Selatan untuk membayar lebih untuk ribuan tentara AS yang dikerahkan di sana.

Administrasi Trump dilaporkan meminta peningkatan lima kali lipat dalam pengeluaran Jepang untuk pasukan militer AS yang dikerahkan ke negara Asia.

Dalam pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono dan kepala sekretariat Dewan Keamanan Nasional Jepang, Shotaro Yachi, Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton menyampaikan kemungkinan peningkatan lima kali lipat dalam pengeluaran Jepang untuk militer AS.

Trump sudah lama mengeluh Jepang tidak berkontribusi cukup untuk pertahanannya dan militer AS memikul beban yang tidak adil.

Ia telah berulang kali mengkritik perjanjian militer selama beberapa dekade dengan Jepang sebagai tidak adil.

Trump juga mendesak anggota NATO untuk memberika kontribusi yang lebih besar.

Paman Sam mengancam akan menarik diri dari aliansi militer trans-Atlantik jika negara lain hanya mengeluarkan kurang dari 2 persen dari produk domestik bruto masing-masing untuk pertahanan.

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Korea Selatan Donald Trump




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :