Kamis, 02/05/2024 05:03 WIB

Peristiwa Sejarah 28 Juni

Pada 28 Juni 1969, pelanggan bar gay Kota New York, Stonewall Inn, melakukan kerusuhan setelah digerebek oleh polisi. Acara ini dianggap sebagai awal dari gerakan pembebasan gay.

Pada 28 Juni 1969, pelanggan bar gay Kota New York, Stonewall Inn, melakukan kerusuhan setelah digerebek oleh polisi. Acara ini dianggap sebagai awal dari gerakan pembebasan gay.

Jurnas.com - Tanggal 28 Juni yang jatuh pada hari ke-179 (hari ke-180 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan banyak peristiwa sejarah, di antaranya:

1778 - Angkatan Darat Kontinental di bawah komando Jenderal George Washington mengalahkan Inggris di Monmouth, NJ

1838 - Victoria dinobatkan sebagai ratu Inggris. Dia akan memerintah selama 63 tahun, 7 bulan.

1914 - Archduke Ferdinand dari Kekaisaran Austro-Hungaria dibunuh di Sarajevo, Bosnia, suatu tindakan yang dianggap telah memicu Perang Dunia I.

1919, Perang Dunia I secara resmi berakhir dengan penandatanganan Perjanjian Versailles.

1944 - Genosida rakyat Kalbar oleh kolonial Jepang pada Peristiwa Mandor.

1965 - Surat kabar Kompas mulai beredar.

1969 - Pelanggan bar gay Kota New York, Stonewall Inn, melakukan kerusuhan setelah digerebek oleh polisi. Acara ini dianggap sebagai awal dari gerakan pembebasan gay.

1971 - Mahkamah Agung AS memutuskan bahwa penggunaan dana publik untuk sekolah paroki tidak konstitusional .

1972 - Presiden Richard Nixon mengumumkan bahwa tidak ada lagi wajib militer yang akan dikirim ke Vietnam kecuali mereka mengajukan diri untuk dinas di negara Asia.

1989 - Kimeridze menemukan supernova SN 1989M di Galaksi Messier 58.

1997 - Petinju Amerika Serikat, Mike Tyson, didiskualifikasi oleh WBA karena menggigit telinga Evander Holyfield ketika pertandingan baru berlangsung 3 ronde.

2000 - Mahkamah Agung AS memutuskan bahwa Pramuka Amerika memiliki hak konstitusional untuk mengecualikan anggota gay. Larangan dicabut pada Januari 2014.

2007 - Elang botak Amerika dikeluarkan dari daftar spesies yang terancam punah. Pejabat Departemen Dalam Negeri mengatakan elang, yang telah dinyatakan terancam punah pada tahun 1967, berkembang dan tidak lagi terancam.

2009 - Presiden Honduras Manuel Zelaya, yang bangun dari tempat tidur di tengah malam oleh tentara, dipaksa keluar dari kantor dan diasingkan di Kosta Rika dalam puncak dari perebutan kekuasaan yang pahit atas usulan perubahan konstitusi. Dia berada di pengasingan selama lebih dari satu tahun.

2011 - Dewan eksekutif Dana Moneter Internasional bernama ketua Christine Lagarde, wanita pertama yang memimpin organisasi.

2012 - Mahkamah Agung AS menjunjung tinggi konstitusionalitas undang -undang kesehatan baru yang dikenal sebagai Undang-Undang Perawatan Terjangkau.

2013 - Jubir FPI, Munarman menyiram secangkir teh ke muka Tamrin Tomagola, Sosiolog UI pada saat siaran langsung Apa Kabar Indonesia Pagi di TV One.

2013 - Summarecon Mal Bekasi dibuka untuk umum.

2016 - Gerilyawan melepaskan tembakan dan meledakkan bom di Bandara Ataturk Turki, menewaskan 45 orang dan menyebabkan lebih dari 230 lainnya cedera. Pejabat Turki menyalahkan Negara Islam.

2018 - Lima orang - empat wartawan dan seorang asisten penjualan - tewas setelah seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke kantor Annapolis, Md., Di kantor surat kabar Capital Gazette.

 

KEYWORD :

Peristiwa Sejarah Bulan Juni




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :