Jum'at, 22/11/2019 14:05 WIB

Dulu Iblis Ini Berwajah Rupawan, Sekarang Menyeramkan

Ilustrasi Iblis yang menggoda manusia untuk berbuat dosa

Jakarta, Jurnas.com - Jika kalian masuk neraka, maka akan menemui iblis yang satu ini. Dialah rajanya raja iblis yang bernama Azazil. Bapaknya bangsa jin. Menurut Syariat Islam, pemimpin kelompok setan dari kalangan jin dan manusia.  Namun ada yang berpendapat, nama asli Iblis adalah al-Harits.

Siapa Azazil ini. Sebelum diciptakan Adam oleh Allah SWT, pernah menjadi Imam para Malaikat dan Khazin al-Jannah atau Bendaharawan Surga. Itu sebelum membangkang kepada Allah SWT dan dikabarkan dibuang ke bumi di
Gunung Azazil (Jabal Muntar) di Gurun Yudea, Suriah.

Kata Azazil merupakan bahasa Arab Kuno yang terdiri dari dua suku kata yaitu Aziz (عزيز) yang berarti terhormat, berharga, sangat kuat dan (ال) Eil yang merupakan penamaan Allah di zaman Arab Kuno. Azazil secara harfiah berarti Makhluk kuat Allah atau Makhluk terhormat Allah.

Nama Azazil yang disematkan dimaknai sebagai mahluk yang membawa kesombongannya karena tercipta dari api. Ada juga disebutkan sikap takabur, pembangkangan, dan sifat angkuh merupakan sifat-sifat yang dimiliki iblis.

Diriwayatkan, sebelum dilaknat oleh Allah, Azazil memiliki wajah rupawan cemerlang, mempunyai empat sayap, banyak ilmu, terbanyak dalam hal ibadah serta menjadi kebanggaan para malaikat. juga pemimpin para malaikat karubiyyuun, memiliki tempat di beberapa langit, mendengarkan berita-berita rahasia Tuhan dan masih banyak lagi.

Itu dulu. Dalam surah Al Jin 9:72. “     ...dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang, barangsiapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya).

Namun sekarang sosok Azazil sangat menyeramkan. Allah SWT memanggilnya Iblis dan mengubah wajahnya  menjadi bentuk seperti babi hutan. Kepalanya seperti kepala unta, dadanya seperti daging yang menonjol di atas punggung.

Tak hanya itu, wajah yang ada di antara dada dan kepala itu seperti wajah kera, kedua matanya terbelah pada sepanjang permukaan wajahnya. Lubang hidungnya terbuka seperti ketel tukang bekam, kedua bibirnya seperti bibir lembu, taringnya keluar seperti taring babi hutan dan janggut terdapat sebanyak tujuh helai.

Azazil  diberi umur hingga hari akhir kiamat. Dengan janji untuk menyesatkan manusia sebanyak mungkin dan menemaninya di neraka Jahannam kelak.

Saat itu dikisahkan, Azazil meminta  kepada Allah. "Ya Tuhanku, (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan.(Al-Hijr, 15:36)

Lalu Allah menjawab: “ Sesungguhnya Aku pasti akan memenuhi neraka Jahanam dengan jenis kamu dan dengan orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka kesemuanya. (Shaad, 38:85)     ”

TAGS : Hikmah Ramadan Nabi Muhammad Iblis




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :