Jum'at, 23/08/2019 23:35 WIB

Kemesraan Trump dan Abe di Lapangan Golf

Pada kunjungan kenegaraan empat hari ke Jepang, Presiden Trump menunggangi helikopter Marine One di Tokyo dan bertolak ke selatan ke Mobara Country Club untuk bermain golf bersama Abe.

Foto selfie Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe di lapangan golf (Foto: Twitter Abe)

Tokyo, Jurnas.com - Rasanya kurang lengkap pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe jika tidak bermain golf.

Pada kunjungan kenegaraan empat hari ke Jepang, Presiden Trump menunggangi helikopter Marine One di Tokyo dan bertolak ke selatan ke Mobara Country Club untuk bermain golf bersama Abe.

"Abe adalah teman terdekat Trump di antara para pemimpin dunia dan ini adalah kelima kalinya mereka bermain golf bersama sejak Trump menjabat," kata The Associated Press.

"Bermain golf sekarang dengan @AbeShinzo. Jepang menyukai permainan," kicau Trump di akun Twitter pribadinya, pada Minggu (26/5).

Abe juga memposting foto selfie bersama Trump di Twitternya. Keduanya tampak tersenyum lebar, "Bermain golf di Chiba dengan Presiden Trump yang disambut sebagai pejabat pertama Dewa. Kami juga ingin menjaga aliansi Jepang-AS lebih dalam era perdamaian baru.

Ketidakseimbangan perdagangan

Strategi Abe adalah menjaga negaranya keluar dari persilangan Trump di tengah-tengah ketegangan perdagangan AS-Jepang dan ancaman yang berlanjut dari Korea Utara kepada kedua negara.

Trump berusah membuat perjanjian perdagangan bilateral dengan Tokyo sejak menarik AS keluar dari perjanjian perdagangan Trans-Pasifik Kemitraan multinasional dua tahun lalu, meskipun analis memperkirakan tidak ada terobosan selama kunjungan Trump.

"Kemajuan besar dibuat dalam Negosiasi Perdagangan kita dengan Jepang. Pertanian dan daging sapi sangat berperan. Banyak yang akan menunggu hingga setelah pemilihan Juli mereka di mana saya mengantisipasi sejumlah besar!" tulis Trump.

Trump mengatakan kepada para pemimpin bisnis setelah tiba di Tokyo pada Sabtu malam bahwa AS dan Jepang "bekerja keras" menegosiasikan perjanjian perdagangan bilateral baru yang katanya akan menguntungkan kedua negara.

"Dengan kesepakatan ini kami berharap dapat mengatasi ketidakseimbangan perdagangan, menghilangkan hambatan ekspor AS, dan memastikan keadilan dan hubungan timbal balik dalam hubungan kami. Dan kami semakin dekat," katanya.

Pemerintahan Trump mengancam Jepang dengan tarif baru pada impor mobil dan suku cadang mobil dengan alasan keamanan nasional. Trump mengatakan akan memberlakukan tarif jika AS tidak dapat merebut konsesi dari Jepang dan Uni Eropa.

TAGS : Perang Dagang Amerika Serikat Jepang Uni Eropa




TERPOPULER :