Senin, 17/06/2019 08:13 WIB

Jelang Pemilu AS, Trump Tak Permasalahkan Uji Coba Rudal Korea Utara

Trump, yang meninggalkan KTT keduanya awal tahun ini di Vietnam tanpa kesepakatan damai, memuji hubungan pribadinya dengan Kim Jong un, meski ada tindakan Korea Utara yang dianggap provokatif oleh orang lain.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (Luisa Gonzalez/Reuters)

Tokyo, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tidak begitu cemas terhadap peluncuran rudal Korea Utara baru-baru ini. Pasalnya, ia yakin Kim Jong Un, akan menepati janji yang telah dibuatnya.

"Korea Utara menembakkan beberapa senjata kecil, yang mengganggu sebagian rakyat saya, dan yang lainnya, tetapi bukan saya. Saya memiliki keyakinan bahwa Pemimpin Kim Jong un akan menepati janjinya kepada saya," kata Trump di akun Twitter pribadinya.

Trump, yang meninggalkan KTT keduanya awal tahun ini di Vietnam tanpa kesepakatan damai, memuji hubungan pribadinya dengan Kim Jong un, meski ada tindakan Korea Utara yang dianggap provokatif oleh orang lain.

Saat ini, Trump berada di Jepang dalam kunjungan kenegaraan. Ia diperkirakan akan membahas kekhawatiran tentang program nuklir dan rudal Korea Utara dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe selama berada di Tokyo.

Dalam kicauannya, Trump, yang mencalonkan diri kembali dalam Pemilihan Presiden AS pada 2020, mengumpat lawan politiknya dari partai Demokrat, mantan Wakil Presiden Joe Biden saat pemimpin Korea Utara melabelinya orang bodoh, dungu dan ber-IQ rendah.

Dalam Twittnya ia mengaku tersenyum saat Kim Jong un "menyebut Swampman Joe Bidan seorang individu dengan IQ rendah, & lebih buruk. Mungkin itu mengirim saya sinyal?"

Pernyataan Trump itu tidak lama setelah Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton mengatakan, uji coba rudal Korea Utara baru-baru ini melanggar resolusi Dewan Keamanan AS.

Awal bulan ini, Kim Jong mengawasi langsung rudal dari senjata yang belum teruji sebelumnya - para ahli rudal yang relatif kecil dan cepat percaya akan lebih mudah untuk bersembunyi, meluncurkan dan melakukan manuver dalam penerbangan.

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Uji Coba Rudal




TERPOPULER :