Rabu, 21/08/2019 16:32 WIB

Trump Minta Huawei Masuk dalam Kesepakatan Perdagangan AS-China

Pembatasan yang diberlakukan pada Huawei mungkin dihapus jika kedua negara mencapai kesepakatan perdagangan.

Logo Huawei (Foto: China Daily)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, raksasa telekomunikasi China Huawei, yang telah ditargetkan oleh Amerika, dapat dimasukkan dalam kesepakatan perdagangan AS-China.

Sebelumnya, menteri luar negeri China telah mengecam Washington karena menindas perusahaan swasta China tersebut.

Namun Trump mengatakan, pembatasan yang diberlakukan pada Huawei mungkin dihapus jika kedua negara mencapai kesepakatan perdagangan.

"Jika kita membuat kesepakatan, saya bisa membayangkan Huawei kemungkinan dimasukkan dalam beberapa bentuk atau bagian dari itu," kata Trump dikutip PressTV.

Pekan lalu, Washington secara efektif melarang perusahaan AS melakukan bisnis dengan Huawei, dengan alasan masalah keamanan nasional.

Pada Kamis, Menteri Perdagangan China bereaksi terhadap penindasan perusahaan-perusahaan Cina di Amerika.

"Jika Amerika Serikat ingin melanjutkan pembicaraan perdagangan, mereka harus menunjukkan ketulusan dan memperbaiki tindakan mereka yang salah. Negosiasi hanya dapat berlanjut berdasarkan kesetaraan dan saling menghormati," kata juru bicara Gao Feng.

"Kami akan memonitor perkembangan yang relevan dan menyiapkan tanggapan yang diperlukan," katanya, tanpa menjelaskan lebih lanjut," tambahnya.

Sementara itu, perang dagang Trump terhadap Cina tetap di posisi teratas. Presiden AS menaikkan tarif barang-barang China senilai $ 200 miliar pada 10 Mei dan mengancam akan menampar tarif hingga 25% pada daftar tambahan impor Cina senilai sekitar $ 300 miliar, mendorong China untuk merespons dengan retribusi sendiri.

Perang dagang memanas setelah pembicaraan perdagangan yang bertujuan untuk mengakhiri perselisihan menghindari putaran terakhir negosiasi bilateral maraton pada 10 Mei.

AS mengklaim perundingan perdagangan itu macet setelah China mencoba menghapus komitmen dari rancangan perjanjian bahwa undang-undangnya akan diubah untuk memberlakukan kebijakan baru tentang isu-isu mulai dari perlindungan kekayaan intelektual hingga transfer teknologi paksa.

Sementara itu, Trump membual tentang bagaimana tarif impor China menyakiti ekonomi China, sementara menghargai sisi Amerika dalam hal dividen ekonomi.

"Mereka terbunuh dengan tarif, China terbunuh total," katanya.

 

TAGS : Perang Dagang China Perusahaan Huawei Amerika Serikat




TERPOPULER :