Jum'at, 19/04/2024 18:57 WIB

Korut Takkan Serahkan Senjata Nuklir ke AS

Korea Utara tidak akan menerima permintaan AS untuk menyerahkan semua senjata nuklirnya.

Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un (Foto: Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Mantan kepala pertahanan Amerika Serikat, Robert Gates, mengatakan, Korea Utara tidak akan menerima permintaan AS untuk menyerahkan semua senjata nuklirnya.

"Saya percaya bahwa Korea Utara tidak akan pernah melakukan denuklirisasi sepenuhnya," kata mantan kepala Pentagon, menambahkan bahwa administrasi Trump adalah tidak realistis dalam percaya bahwa mereka bisa mendapatkan denuklirisasi lengkap dikutip PressTV.

Gates lebih lanjut menegaskan, Trump melakukan hal yang benar untuk meninggalkan KTT Hnoi dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada bulan Februari.

"Setelah 25 tahun gagal bernegosiasi dengan Korea Utara, penjangkauan Trump, saya pikir itu langkah yang berani," kata Gates.

Menurut sebuah laporan di The Washington Post , Trump dan Kim bertarung dengan penasihat mereka sendiri ketika mereka menegosiasikan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

"Dia mengiriminya gambar. Dia mengiriminya surat. Saya tidak tahu bagaimana Presiden Trump bisa lebih terbuka dalam upayanya untuk memiliki hubungan yang baik dengan Kim Jong Un," ujar penasihat keamanan nasional AS John Bolton.

Presiden AS terdengar optimis di Twitter bahkan setelah KTT Hanoi runtuh tanpa hasil nyata.

“Kami melakukan negosiasi yang sangat substantif dengan Kim Jong Un - kami tahu apa yang mereka inginkan dan mereka tahu apa yang harus kami miliki. Hubungannya sangat baik, mari kita lihat apa yang terjadi!" bunyi twitt Trump.

KEYWORD :

Korea Utara Amerika Serikat Senjata Nuklir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :