Minggu, 26/05/2019 12:33 WIB

Uji Coba Berakhir, LRT Palembang Beroperasi Penuh Mulai Juni 2019

Selama 11 bulan ini LRT Palembang masih uji coba.

Mulai Juni 2019 kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Palembang akan dioperasikan secara penuh. Jumlah kereta ditambah jadi 8 dan headway dipangkas jadi 15 menit.

Palembang, Jurnas.com - Kementerian Perhubungan berjanji akan mengoperasikan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan secara penuh pada Juni 2019.  Jumlah kereta yang dioperasikan ditingkatkan dari 6 menjadi 8 kereta.

"Kita akan mulai operasi ini nanti bulan Juni dan kita akan evaluasi setelah 2 minggu, 1 bulan, supaya LRT ini menjadi lebih bagus. Untuk okupansi saya harapkan menjadi 60 persen, kira-kira mungkin dalam 6 bulan kemudian," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan Rapat Bersama Jajaran Direktorat Jenderal Perkeretaapian di Palembang, kemarin.

Menhub Budi Karya mengatakan, selama 11 bulan ini LRT Palembang masih uji coba. Mulai Juni 2019 nanti banyak hal yang akan dilakulan perbaikan dengan level of service yang jauh lebih baik dari sekarang.

"Kalau sekarang headway-nya (waktu tunggu kedatangan) masih diatas 30 menit, nanti kita akan tekan jadi hanya 15 menit dengan kereta yang lebih rutin jadwalnya dan lebih banyak. Kemudian waktu tempuh dari ujung ke ujung tadinya 62 menit, nantinya bisa sekitar 42 menit. Ini akan jadi satu standar yang kita buat sedemikian ketat," jelas Menhub.

Selain meningkatkan operasional LRT, Kementerian Perhubungan juga memberikan dukungan pemerintah daerah untuk mengatur integrasi transportasi antarmoda agar menjadi lebih baik. Salah satunya dengan menambahkan angkutan antarmoda seperti bus damri, BRT (Transmusi), dan angkutan sungai pada daerah-daerah yang merupakan pergerakan utama.

Dalam kunjungannya, Menteri Perhubungan turut didampingi oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, Direktur Prasarana Perkeretaapian Zamrides, Direktur Angkutan dan Multimoda Ahmad Yani, serta Walikota Palembang Harnojoyo.

TAGS : Kinerja Perhubungan Light Rail Transit LRT kereta ringan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Menhub




TERPOPULER :