Sabtu, 27/04/2024 05:21 WIB

Kaisar Baru Jepang Janji Mengabdi pada Rakyat

Naruhito mengucapkan selamat kepada perwakilan pemerintah, parlemen dan pengadilan tinggi atas undangan anggota kerajaan.

Kaisar Jepang Akihito (kanan) dan putranya, Putra Mahkota Naruhito, Tokyo, 26 Januari 2016. (Foto: EUGENE HOSHIKO / PRESS ASSOCIATED PRESS)

Ankara, Jurnas.com - Kaisar baru Jepang, Naruhito berjanji akan mengabdi kepada masyarakat. Itu disampaikan setelah secara resmi naik takhta setelah ayahnya, Akihito turun takhta sehari sebelumnya.

"Setelah naik takhta, saya bersumpah akan merenungkan secara mendalam jalan yang dilalui oleh yang mulia kaisar pendahulu (Akihito) dan mengingat jalan yang diinjak oleh para kaisar di masa lalu dan akan mengabdikan diri untuk peningkatan diri," kata Naruhito dilansir kantor berita Kyodo.

"Saya juga bersumpah akan bertindak sesuai dengan Konstitusi dan memenuhi tanggung jawab saya sebagai simbol negara dan persatuan rakyat Jepang, sambil selalu mengalihkan pikiran saya kepada rakyat dan berdiri bersama mereka," tambahnya.

Naruhito mengucapkan selamat kepada perwakilan pemerintah, parlemen dan pengadilan tinggi atas undangan anggota kerajaan.

Mewakili rakyat Jepang, Perdana Menteri Shinzo Abe mengucapkan terima kasih kepada kaisar baru.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengirim pesan ucapan selamat di media sosial.

"Selamat kepada Yang Mulia Kaisar Jepang Naruhito, yang telah naik takhta hari ini. Semoga era Reiwa akan membawa kedamaian dan kemakmuran bagi warga Jepang yang ramah," tulis Cavusoglu di akun Twitternya. (Anadolu)

KEYWORD :

KaisarJepang Naruhito




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :