Kamis, 18/04/2024 17:57 WIB

Trump Paksa Jepang Tambah Produksi Mobil di AS

Trump mendesak Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, agar pembuat mobil Jepang memproduksi lebih banyak kendaraan di AS.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (Foto: Reuters)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendesak Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, agar pembuat mobil Jepang memproduksi lebih banyak kendaraan di AS.

Demikian hasil pertemuan terbaru mereka yang dipaparkan oleh duta besar AS untuk Jepang pada Minggu (28/4).

Keduanya membahas pengumuman publik baru-baru ini oleh pembuat mobil Jepang, termasuk keputusan Toyota Motor Corp untuk berinvestasi lebih banyak di pabrik AS.

"Kami berbicara tentang perlunya melihat lebih banyak gerakan ke arah itu, tetapi saya pikir presiden merasa sangat positif bahwa kami akan melihat gerakan seperti itu karena semua ekonomi mendukung itu," kata Duta Besar William Hagerty.

Trump telah mendorong produsen mobil Jepang untuk menambah lebih banyak pekerjaan di Amerika Serikat, karena Gedung Putih mengancam akan mengenakan tarif hingga 25 persen pada kendaraan impor, dengan alasan keamanan nasional.

Trump mengatakan kemungkinan AS dan Jepang dapat mencapai kesepakatan perdagangan bilateral baru, pada saat ia mengunjungi Tokyo pada Mei mendatang, tetapi ia dan Abe mengutip daerah-daerah di mana mereka berbeda dalam perdagangan.

"Kami ingin memastikan bahwa AS memiliki persyaratan perdagangan dengan Jepang yang tidak kalah menguntungkan dari negara lain," ujar Hagerty.

Dia menambahkan bahwa Trump berencana untuk menghadiri KTT Kelompok 20 negara industri yang akan berlangsung di Osaka, Jepang pada Juni.

Secara terpisah, Trump optimistis pembicaraan perdagangan dengan Cina akan berhasil, kata duta besar.

KEYWORD :

Donald Trump Amerika Serikat Mobil Jepang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :