Senin, 23/09/2019 12:24 WIB

Rekonsiliasi pasca-Pilpres, Riano LRJ dan Pojok-1 Bangun Komunikasi dengan Pendukung Prabowo

Riano selaku pimpinan Relawa LRJ mengaku telah membangun komunikasi dengan saudara sesama bangsa dari Relawan Pendukung Prabowo-Sandi.

Riano Oscha (tengah baju biru) bersama aktivis Masyarakat Sipil untuk Demokrasi

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Dewan Pembina Laskar Rakyat Jokowi (LRJ) Riano Oscha bersama Ketua Umum Pojok-1 Yuyun Pirngadi menegaskan, bangsa Indonesia membutuhkan rekonsiliasi nasional pasca-Pilpres 2019.

"Sekarang yang paling penting adalah rekonsiliasi. Baik pendukung 01 ataupun 02 harus sadar, bahwa kita satu bangsa, dan kita harus bersama-sama kembali membangun Indonesia," ujar Riano, Kamis (25/4/2019).

Ia menegaskan, siapa pun pemenang Pilpres, pasti membutuhkan stabilitas politik, stabilitas sosial, dan stabilitas ekonomi agar bisa menjalankan amanat rakyat membangun bangsa Indonesia.

"Siapa pun yang jadi presiden, baik Jokowi maupun Prabowo pastinya butuh stabilitas agar bisa bekerja dengan baik. Siapa pun pemenangnya, butuh stabilitas membangun negara," tegas Riano didampingi Yuyun Pirngadi.

Riano selaku pimpinan Relawa LRJ mengaku telah membangun komunikasi dengan saudara sesama bangsa dari Relawan Pendukung Prabowo-Sandi.

Bagi Riano, syukuran dan pesta kemenangan tak terlalu urgen dilakukan saat ini. Yang dibutuhkan adalah saling bergandengan tangan, karena kemajuan bangsa ini jauh lebih penting dibanding menang atau kalah dalam Pilpres.

Kata Riano, ormas keagamaan NU dan Muhammadiyah sudah menggaungkan rekonsiliasi nasional pasca-Pilpres. Namun hal itu belum massif, sehingga para relawan pun harus membangun rekonsiliasi.

Apalagi saat ini ada pihak-pihak yang membangun opini negatif, bahwa pemilu berlangsung curang sehingga hasil penghitungan dan rekapitulasi suara KPU pun tak akan diakui.

"Ini yang bahaya. Misalnya kalau Paslon 02 membangun keyakinan bahwa mereka dicirangi, kemudian tertanam opini untuk tidak terima hasil pemilu yang akan diumumkan KPU pada 22 Mei 2019. Ini jangan terjadi," jelas Riano.

"Sudahlah, perbedaan pilihan itu hanya saat kampanye sampai pencoblosan. Sekarang kita bersama-sama lagi. Tidak ada gunanya juga kalau kita terus berbeda sehingga terbangun polarisasi yang tidak menguntungkan bangsa kita ini," tuntas Riano Oscha.

TAGS : Laskar Rakyat Jokowi Riano Osca Pojok-1 Rekonsiliasi




TERPOPULER :