Rabu, 18/09/2019 23:19 WIB

Mendikbud: Seluruh Soal USBN Mengandung HOTS

Seluruh soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk para siswa sekolah dasar (SD) sudah mengandung penalaran tinggi

Soal ujian (Foto: Muti/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com – Seluruh soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk para siswa sekolah dasar (SD) sudah mengandung penalaran tinggi (high order thinking skill/HOTS).

Karena itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menekankan agar para melakukan kalibrasi pada soal-soal yang diturunkan oleh Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP).

“Seluruh soal sudah harus mengandung penalaran tinggi yang disesuaikan dengan jenjangnya. Kalau SD, sesuai dengan nalar tinggi kaliber anak SD. Begitu pula untuk SMP,” kata Muhadjir kepada awak media saat melakukan inspeksi mendadak USBN di SD 5 Muhammadiyah Jakarta, pada Senin (22/4).

Mendikbud menuturkan, keberadaan soal-soal HOTS membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan rasionalnya. Dengan demikian, anak tidak cuma dibekali modal hafalan dalam mengerjakan soal-soal ujian.

“Tapi penalarannya sudah dimasukkan, anak harus membuat pilihan tepat, dia harus merangkai berbagai pilihan secara logis dalam soal itu,” tutur Muhadjir.

Sementara Direktur Pembinaan SD Kemdikbud Khamim menjelaskan, USBN tahun ini diikuti oleh 148.00 sekolah dan 4,2 juta siswa. Dari keseluruhan soal USBN, 20 persen di antaranya berasal dari pusat sebagai anchor, dan sisanya dikerjakan oleh Komite Kerja Guru (KKG).

Sementara mata pelajaran yang diujikan pada USBN meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

“Khusus DKI Jakarta ditambah mata pelajaran Agama. Itu tiap daerah punya kewenangan sendiri (menambah),” kata Khamim.

TAGS : Soal HOTS USBN SD Muhadjir Effendy




TERPOPULER :