Senin, 17/06/2019 07:41 WIB

Perayaan Unik Jumat Agung di Berbagai Negara

Di negara tertentu, ritual yang dilakukan pada Hari Jumat sebelum Minggu Paskah itu diekspresikan dengan keunikan tersendiri.

Perayaan Jumat Agung (Foto: CNN)

Jakarta, Jurnas.com – Perayaan Jumat Agung atau Good Friday di masing-masing negara tidaklah sama. Di negara tertentu, ritual yang dilakukan pada Hari Jumat sebelum Minggu Paskah itu diekspresikan dengan keunikan tersendiri.

Dikutip dari CNN, berikut ini keunikan Jumat Agung di berbagai negara:

  1. Roma

Di kota ini, Jumat sebelum Paskah disebut `Venerdi Santo` yang berarti Jumat Suci, yakni hari di mana Yesus Kristus disalib.

Banyak orang Italia memilih untuk berpuasa atau makan makanan yang hanya terdiri dari ikan. Untuk mengekspresikan hari berkabung Gereja Katolik, setiap patung dan salib di gereja ditutupi oleh kain hitam dan ungu.

Acara Jumat Agung terbesar di Roma, yang dikenal dengan nama `Jalan Salib` atau `Stasiun Salib` merupakan prosesi obor khidmat, yang dipimpin langsung oleh Paus Fransiskus.

Peziarah dan wisatawan biasanya mengunjungi masing-masing dari 14 stasiun, yang melambangkan bagian dari sengsara dan kematian Yesus, dimulai dari Colosseum dan berakhir di Bukit Palatine.

  1. Yerussalem

Yerusalem adalah tempat penyaliban Yesus terjadi, menurut Alkitab. Oleh karena itu, cukup masuk akal jika Jumat Agung adalah hari libur yang sangat spiritual dan ritualistik untuk kota ini.

Tradisi termasuk ziarah di mana individu, banyak dari mereka membawa salib, menelusuri kembali langkah-langkah yang Yesus ambil dalam perjalanannya menuju tiang salib.

Rute mengarah ke Golgota, juga dikenal sebagai Tempat Tengkorak, tempat Yesus bertemu kematiannya.

Setelah ziarah, ada prosesi pemakaman malam hari di mana para peserta akan melakukan penguburan kembali Yesus.

  1. Jamaika

Pemandangan berbeda terdapat di Jamaika. Orang-orang Jamaika biasanya menggunakan telur untuk perayaan Jumat Agung mereka.

Tradisi ini dilakukan dengan cara memecahkan telur dan memisahkan kuningnya dari putihnya. Sebelum matahari terbit, mereka akan menuangkan putih telur ke dalam segelas air.

Saat panas matahari menghangatkan gelas, pola akan terbentuk dari telur. Di masa lalu, para tetua Jamaika percaya bahwa pola itu mengungkapkan bagaimana Anda akan mati.

  1. London

London Trafalgar Square akan menampilkan permainan udara terbuka gratis setiap tahun pada Jumat Agung.

"The Passion of Jesus" dilakukan oleh campuran aktor-aktor Kristen amatir dan profesional yang membawa audiensi mereka dalam perjalanan, mulai dari penangkapan Yesus hingga kebangkitannya pada Paskah. Para pemain terdiri dari lebih dari 100 pemain serta beberapa hewan.

Karena acara itu menampilkan penggambaran yang realistis tentang penyaliban, bimbingan orang tua disarankan.

  1. Amerika Tengah

Negara-negara seperti Honduras, El Salvador dan Guatemala di Amerika Tengah menggunakan seni untuk merayakan Jumat Agung.

Pada Jumat (19/4) ini, jalanan dipenuhi dengan Alfombras, bahasa Spanyol untuk "permadani." Dibuat menggunakan serbuk gergaji yang berwarna-warni, yang menggambarkan agama atau alam.

Untuk mendapatkan keindahannya, Anda harus mengamati Alfrombras sebelum prosesi Jumat Agung dimulai, karena mereka akan tersapu oleh banjir kaki kerumunan.

Dua hari sebelum perayaan Minggu Paskah yang menggembirakan, Jumat Agung menyediakan jalan keluar bagi orang Kristen untuk mengekspresikan ingatan mereka akan kematian Yesus.

TAGS : Jumat Agung Good Friday




TERPOPULER :