Jum'at, 19/04/2024 12:22 WIB

Maduro Bentuk Pasukan Khusus Lindungi Fasilitas Publik

Presiden Venezuela Nicolas Maduro menciptakan sebuah unit militer pada hari Jumat yang ditugasi melindungi instalasi dan layanan dasar seperti listrik dan air

Polisi Nasional Bolivarian Venezuela dikerahkan ke stasiun kereta bawah tanah di Caracas, Venezuela pada 14 Maret 2019. / VCG

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Venezuela Nicolas Maduro menciptakan sebuah unit militer pada hari Jumat yang ditugasi melindungi instalasi dan layanan dasar seperti listrik dan air hanya lebih dari seminggu setelah negara itu dilanda pemadaman listrik besar-besaran.

"Komando untuk Pertahanan Layanan Strategis Dasar akan ditugaskan untuk memastikan keamanan, pengoperasian dan pemeliharaan," kata Maduro dilansir CGTN.

Petugasnya akan bertanggung jawab untuk menjamin keamanan infrastruktur dan pemeliharaan peralatan fisik dan cybernetic.

Maduro mengulangi pernyataannya bahwa pemadaman listrik, yang berlangsung hampir seminggu, disebabkan oleh serangan beruntun terhadap fasilitas pembangkit listrik tenaga air utama negara itu di Guri di negara bagian Bolivar, diarahkan oleh Penasihat Keamanan Nasional Presiden AS Donald Trump John Bolton.

Pemadaman listrik terjadi pada 7 Maret dan melumpuhkan seluruh negeri. Pemerintah mengumumkan pada Selasa bahwa listrik kembali menyala di hampir seluruh negeri tetapi wilayah barat masih melaporkan pemangkasan.

Maduro juga menuduh oposisi membuat rencana untuk menemani pemadaman dengan kekerasan umum, mengklaim itu dinetralkan.

Pemimpin oposisi Juan Guaido pada bulan Januari menyatakan dirinya bertindak sebagai presiden, yang ditolak oleh Maduro sebagai sabotase.

KEYWORD :

Rakyat Venezuela Nicolas Maduro Pasukan Khusus




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :