Rabu, 08/05/2024 20:32 WIB

Dua Warga Palestina Kembali Ditembak Mati Pasukan Israel

Pasukan Israel menggerebek kota itu pada Selasa pagi untuk mencabut CCTV jalanan, yang kemudian dicegah warga setempat.

Perbatasan Israel-Palestina, Kerem Shalom (Foto: AFP)

Yerusalem - Dua pria Palestina ditembak hingga tewas pasukan Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan, Mohammad Shaheen (23) mengalami cedera berat setelah diberondong peluru di bagian jantungnya oleh pasukan Israel selama konfrontasi di kota Salfit.

"Shaheen tiba di rumah sakit dalam kondisi kritis. Ia dinyatakan tewas beberapa menit kemudian," kata kementerian tersebut dalam pernyataan.

Menurut laporann, pasukan Israel menggerebek kota itu pada Selasa pagi untuk mencabut CCTV jalanan, yang kemudian dicegah warga setempat.

Tentara menembaki pemuda-pemuda yang melempari batu hingga melukai Shaheen dengan fatal.

Bulan Sabit Merah mengatakan merawat 40 orang di lokasi itu karena luka tembak berlapis karet dan menghirup gas air mata, lapor kantor berita lokal Wafa.

Sebelumnya, seorang pemuda Palestina lainnya ditembak mati pasukan Israel menyusul dugaan serangan pisau di kota Hebron, Tepi Barat, kata tentara Israel dalam sebuah pernyataan.

Menurut Wafa, tersangka terluka setelah diduga mencoba menikam seorang tentara Israel di dekat pemukiman ilegal Yahudi-satunya Kiryat Arba yang berlokasi di Hebron.

Tentara mengidentifikasi warga Palestina yang terbunuh itu sebagai Yasser Fawzi Shawki dari Hebron.

Shawki ditinggalkan di tanah, berdarah-darah, karena ambulan Palestina tidak diizinkan memberinya bantuan, menurut koresponden berita Wafa.

Saksi mata mengatakan tentara menyeret tubuh tersangka ke gedung terdekat yang dikendalikan oleh pemukim Israel setelah insiden itu.

Dewan pengadilan tinggi Palestina mengatakan Shawki bekerja di pengadilan Palestina di Hebron dan mengecam penembakan itu sebagai "kejahatan tercela".

Selanjutnya, pasukan Israel telah menutup pos-pos pemeriksaan militer di Kota Tua Hebron, mencegah warga Palestina menyeberang mereka untuk mencapai rumah mereka, menurut berita Ma`an.

Sebagian besar Kota Tua Hebron terletak di daerah H2, diadakan di bawah kendali militer Israel dan merupakan rumah bagi lima pemukiman ilegal Israel.

Sekitar 800 pemukim Israel tinggal di H2, dilindungi oleh militer Israel.

KEYWORD :

Palestina Konflik Timur Tengah Kekerasan Israel Warga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :