Kamis, 02/05/2024 05:02 WIB

Empat Kebiasaan Sepele Ini Bikin Perempuan Susah Hamil

Masih ada beberapa perempuan yang kesulitan untuk hamil walaupun sudah mengikuti program khusus kehamilan.

Empat Kebiasaan ini bikin perempuan susah hamil (Foto: Shutterstock)

Jurnas.com - Setiap perempuan yang sudah menikah menjadikan momen hamil sebagai salah satu hal yang sangat ditunggu-tunggu. Keinginan untuk cepat hamil dan memiliki anak pasti sering tersirat dalam benak banyak perempuan.

Namun sayangnya masih ada beberapa perempuan yang kesulitan untuk hamil walaupun sudah mengikuti program khusus kehamilan.

Para ahli mengungkapkan setidaknya ada empat kebiasaan sepele yang bisa membuat perempuan menjadi susah hamil, dikutup dari laman Parents, berikut kebiasaan tersebut:

1. Main smartphone hingga larut malam

Kebiasaan ini menjadi faktor utama sebagian besar wanita yang susah hamil. Para ahli mengungkapkan lamanya bermain smartphone hingga larut malam dapat meningkatkan rasa lelah hingga risiko susah hamil. Penelitian di Jepang mengungkapkan paparan sinar dan radiasi smartphone dapat berpengaruh pada kesuburan.

2. Nonton TV hingga larut malam

Sama seperti main smartphone hingga larut malam, nonton TV pun berpengaruh besar terhadap kesuburan kandungan. Studi ini dilakukan oleh peneliti di Jerman dan dinyatakan bahwa radiasi cahaya TV bisa mempengaruhi kesehatan tubuh khususnya kandungan.

3. Pola tidur yang buruk

Kebiasaan tidur yang buruk bisa membuat performa kesehatan tubuh menurun. Tubuh menjadi rentan terhadap sumber penyakit sehingga berbagai masalah kesehatan termasuk masalah kesuburan kandungan pun terjadi. Cobalah memperbaiki pola tidur sejak dini.

4. Tidur di bawah paparan sinar lampu terang

Biasanya ruangan yang terang membuat kita merasa nyaman dan tenang. Namun berada di ruangan yang terlalu terang dengan lampu atau cahaya buatan dapat berpengaruh pada kesehatan. Peneliti mengungkapkan cahaya lampu yang terlalu terang dapat meningkatkan risiko penyakit seperti kanker, jantung, paru-paru hingga membuat wanita jadi susah hamil.

Oleh karena itu, jangan menyepelekan hal-hal kecil seperti di atas saat Anda menginginkan seorang anak. Hindari kebiasaan-kebiasaan tersebut, jaga pola hidup sehat, istirahat cukup, olahraga cukup dan makan-makanan bergizi. Alhasil hal tersebut nantinya akan menyuburkan kandungan Anda.

KEYWORD :

Susah Hamil Kebiasaan Sepele




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :