Kamis, 25/04/2024 10:43 WIB

Kim Jong un Sowan ke China Jelang KTT Vietnam

Perjalan kereta api Kim ke China ditempu selama berhari-hari itu masih diselimuti kerahasiaan.

Donald Trump dan Kim Jong Un (foto:google)

Beijing, Jurnas.com - Kereta lapis baja pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tiba di China menjelang pertemuan puncak kedua dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Vietnam, menurut laporan media.

Kereta itu tiba di kota perbatasan Dandong setelah jam 9 malam waktu setempat (13:00 GMT) pada Sabtu, menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap dan NK News, meskipun belum diketahui apakah Kim ada di sana.

Perjalan kereta api Kim ke China ditempu selama berhari-hari itu masih diselimuti kerahasiaan. Apalagi saat timnya berkumpul di Hanoi menjelang pertemuannya dengan Trump yang diperkirakan Rabu dan Kamis depan.

Kementerian luar negeri Vietnam mengumumkan pada Sabtu bahwa Kim akan melakukan kunjungan resmi dalam beberapa hari mendatang menjelang KTT meskipun tidak ada rincian yang dirilis.

Pekan lalu kantor berita Reuters mengatakan Kim akan tiba di Vietnam pada 25 Februari.

Media pemerintah Korea Utara belum mengonfirmasi perjalanan Kim ke Vietnam atau pertemuan puncaknya dengan Trump.

Sebelum keretanya mendarat di China, para aparat keamanan berjaga dengan ketat. Polisi tampak menutup tepi sungai sekitar 100 meter dari jembatan dengan selotip dan pelindung logam.

Para tamu di sebuah hotel yang menghadap jembatan rel dari Korea Utara tiba-tiba diminta untuk pergi pada Jumat dan diberitahu bahwa hotel itu ditutup pada Sabtu untuk renovasi mendadak.

"Kereta itu panjang dan melintasi jembatan lebih lambat dari kereta wisata, tapi itu pasti dia, ada banyak polisi," kata sumber yang tidak disebutkan namanya kepada NK News.

Jendela di kereta dihitamkan, kata sumber itu, hanya lampu depan yang menyala saat melintas.

Beberapa sumber mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa Kim diperkirakan akan tiba di Vietnam dengan kereta api, berhenti di stasiun kereta Dong Dang di dekat perbatasan China, kemudian berkendara ke Hanoi.

Pada Sabtu tentara dikerahkan ke stasiun Dong Dang dan di sepanjang jalan ke ibukota, menurut wartawan AFP di tempat kejadian.

Vietnam mengumumkan langkah penutupan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari bentangan jalan sepanjang 170 kilometer itu pada Selasa antara pukul 06.00 dan 14.00 - menyarankan Kim dapat melakukan perjalanan di jalan antara jam-jam itu.

Pilihan lain bagi Kim adalah naik kereta ke Beijing dan naik pesawat ke ibukota Vietnam. (Al Jazeera)

KEYWORD :

KTT Vietnam Amerika Serikat Korea Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :