Jum'at, 26/04/2024 19:47 WIB

Lembaga Tes Masuk PTKI Bergulir Tahun Depan

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, Kemenag akan menyudahi sistem tes masuk PTKI yang selama ini melalui kepanitiaan.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagaman Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis), Prof. Dr. Arskal Salim

Jakarta – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) akan dibentuk tahun ini. Diharapkan, tahun depan lembaga tersebut sudah mulai beroperasi.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, Kemenag akan menyudahi sistem tes masuk PTKI yang selama ini melalui kepanitiaan.

“Di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) sudah terbentuk. Jadi harus memiliki institusi permanen, agar kepanitiaan tidak insidental yang hanya terjebak pada rutinitas teknis,” ujar Menag Lukman pada Rabu (23/1) di Jakarta.

Tidak hanya sebagai lembaga tes, institusi ini menurut Lukman akan dikembangkan menjadi `dapur` pengembangan PTKI. Sebab proses peningkatan kualitas PTKI tidak bisa berdiri sendiri.

“Nanti saya minta ke direktorat diktis dalam satu atau dua bulan supaya bisa merumuskan konsepsinya,” jelasnya.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagaman Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis), Prof. Dr. Arskal Salim membenarkan bahwa lembaga tes PTKI ditarget berjalan pada 2020 mendatang. Saat ini pihaknya telah diminta untuk menyiapkan tim kajian dan struktur, guna membentuk lembaga tes.

“Itu yang akan saya siapkan dalam waktu dekat ini, merekrut orang-orangnya, termasuk memetakan apa saja yang akan dilaksanakan untuk mempersiapkan 2020 lagi, kita sudah tidak lagi menggunakan kepanitiaan,” tutur Arskal.

KEYWORD :

Lembaga Tes Perguruan Tinggi Keagamaan Arskal Salim




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :