Minggu, 08/12/2019 05:26 WIB

2019, Liga Inggris Bakal Gunakan VAR

Video Asistant Referee (VAR) akan diperkenalkan di Liga Premier Inggris dari awal musim 2019-20 sambil menunggu persetujuan dari FIFA dan Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB).

Saat wasit menggunakan VAR sebelum mengambil keputusan

Jakarta - Video Asistant Referee (VAR) akan diperkenalkan di Liga Premier Inggris dari awal musim 2019-20 sambil menunggu persetujuan dari FIFA dan Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB).

Meski masih menuai pro dan kontra, namun VAR terbukti menjadi salah satu alat yang membantu menyukseskan Piala Dunia di Rusia lalu.

Teknologi ini sudah ada di Piala FA dan Piala EFL, dan UEFA telah mengkonfirmasi itu akan diperkenalkan ke Liga Champions musim depan.

Langkah ini membutuhkan ratifikasi dari FIFA dan pembuatan hukum IFAB sebelum dibereskan untuk memulai debutnya di papan atas sepakbola Inggris.

"Pada pertemuan pemegang saham hari ini, klub diberi pembaruan tentang uji coba VAR non-hidup yang dilakukan oleh Liga dan Pejabat Pertandingan Pertandingan Profesional (PGMOL) musim ini," ujar Pihak -decoration:none;color:red;font-weight:bold">Liga Inggris.

"Pembelajaran utama dari penggunaan VAR di Piala FA dan Piala Carabao, dan liga lainnya di seluruh dunia, telah dibahas secara rinci," tambahnya.

"Program pengujian non-live Premier League akan tetap berlaku untuk sisa musim ini, dengan penekanan lanjutan pada Sabtu sore yang memiliki beberapa pertandingan yang dimainkan secara bersamaan, dan mengembangkan protokol yang jelas untuk mengkomunikasikan keputusan VAR kepada penggemar," lanjutnya.

"Liga sekarang akan secara resmi mengajukan permintaan kepada Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional dan FIFA untuk menggunakan VAR musim depan."

Keputusan datang kurang dari seminggu setelah striker Southampton Charlie Austin menjadi berita utama dengan permohonan yang berapi-api untuk pejabat pertandingan untuk menerima bantuan setelah gol yang secara tidak sah dianulir karena offside selama hasil imbang timnya melawan Watford.

TAGS : Liga Inggris Teknologi VAR -




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :