Rabu, 12/12/2018 14:23 WIB

Iran Eksekusi Mati Dua Pria Penimbun Emas

Pemerintah Iran mengeksekusi mati dua pria yang dituduh menimbun koin emas untuk memanipulasi harga pasar, Rabu (14/11) waktu setempat.

ilustrasi koin emas

Jakarta - Pemerintah Iran mengeksekusi dua pria yang dituduh menimbun koin emas untuk memanipulasi harga pasar, Rabu (14/11) waktu setempat.

Vahid Mazloumin - pedagang emas yang dikenal sebagai "Sultan Koin" - dan asistennya, Mohammad Esmail Qassemi, digantung setelah dijatuhi hukuman mati pada bulan Oktober karena membentuk jaringan perdagangan emas ilegal dengan tujuan meningkatkan harga.

Akhirnya Mazloumin dan timnya mengumpulkan 2 ton koin emas untuk dijual kembali di pasar dengan harga lebih tinggi.

Dia ditangkap pada bulan Juli saat beroperasi sebagai spekulan dan Qassemi juga ditangkap dengan tuduhan korupsi untuk perannya dalam operasi.

Namun eksekusi itu mendapat kritik dari Amnesti International dikutuk, yang mengatakan pemerintah Iran "melanggar hukum internasional" dengan mengeksekusi orang-orang itu untuk kejahatan yang tidak mematikan.

"Penggunaan hukuman mati sangat mengerikan dalam situasi apa pun, tetapi bahkan lebih mengerikan mengingat bahwa orang-orang ini dihukum setelah pengadilan pertunjukan yang sangat tidak adil yang disiarkan di televisi pemerintah," kata Philip Luther, direktur penelitian dan advokasi Amnesty International untuk Timur Tengah dan Afrika Utara dilansir UPI.

Luther juga mengkritik upaya Iran untuk memindahkan pengadilan bagi para pria itu dengan cepat.

"Cara mengejutkan di mana pengadilan mereka dilacak dengan cepat melalui sistem peradilan Iran tanpa memberi mereka kesempatan untuk mengajukan banding yang layak adalah contoh lain dari orang yang kurang ajar mengabaikan otoritas Iran memiliki hak-hak dasar proses hukum terdakwa," katanya.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyetujui permintaan pengadilan pada bulan Agustus mendirikan pengadilan khusus bagi mereka yang diduga melakukan kejahatan keuangan, yang sejak itu menghukum mati beberapa orang.

Polisi di Teheran mengatakan Selasa bahwa sekitar 130 pedagang mata uang ilegal telah ditangkap dalam beberapa hari terakhir.

Negara itu telah berusaha mengirim pesan kepada para pedagang untuk tidak mengeksploitasi pasarnya sementara ekonominya telah terhambat oleh sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat.

Khamenei mengatakan bahwa Iran dapat menyelesaikan masalah ekonomi dengan menggunakan sumber daya domestiknya dengan benar.

TAGS : Iran Eksekusi Mati Penimbun Emas




TERPOPULER :