Rabu, 19/12/2018 11:08 WIB

AS Minta Menahan Semua Pembunuh Jamal Khashoggi

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo berjanji untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang terlibat atas pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi

Jurnalis Jamal Kashoggi yang dikabarkan tewas ( Foto: New York Post)

Jakarta - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo berjanji untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang terlibat atas pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert mengatakan bahwa Pompeo melakukan panggilan telepon dengan Pangeran Saudi Mohammad bin Salman.

"Menlu menekankan bahwa Amerika Serikat akan menahan semua yang bertanggung jawab dalam pembunuhan Jamal Khashoggi dan Arab Saudi harus melakukan hal yang sama," kata Nauert.

Khashoggi, seorang kolumnis untuk The Washington Post dan warga negara Saudi dibunuh di dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu.

Setelah berminggu-minggu menyangkal keterlibatan mereka, pihak Saudi akhirnya mengakui Khashoggi telah dibunuh di konsulat tetapi mengklaim keluarga kerajaan Saudi tidak terlibat tentang rencana tersebut.

Sejauh ini, 18 orang telah ditangkap di Arab Saudi sehubungan dengan pembunuhan itu.

Di Yaman, Pompeo menegaskan kembali seruan Washington untuk "penghentian permusuhan dan semua pihak untuk berunding demi solusi damai" untuk konflik bersama dengan utusan khusus PBB, Martin Griffiths.

Yaman yang miskin tetap dilanda kekerasan sejak 2014, ketika pemberontak Syiah Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota, Sanaa.

Konflik semakin meningkat pada tahun 2015 ketika Arab Saudi dan sekutu Arabnya meluncurkan kampanye udara yang menghancurkan di Yaman yang bertujuan untuk mengembalikan keuntungan Houthi. (aa)

TAGS : Jamal Khashoggi Arab Saudi Amerika Serikat




TERPOPULER :