Senin, 26/08/2019 13:52 WIB

Fakta-fakta Dibalik Pemecatan Julen Lopetegui

Klub raksasa Spanyol, Real Madrid memecat Julen Lopetegui sebagai pelatih menyusul kekalahan 5-1 dari Barcelona dalam laga El-Clasico di Camp Nou, Minggu (28/10).

Juan Lopetegui (Foto: Getty Images)

Jakarta - Klub raksasa Spanyol, Real Madrid memecat Julen Lopetegui sebagai pelatih menyusul kekalahan 5-1 dari Barcelona dalam laga El-Clasico di Camp Nou, Minggu (28/10).

Setelah setuju untuk mengambil pekerjaan sebelum Piala Dunia, ia dipecat oleh Spanyol sebagai hasilnya. Namun Lopetegui hanya bertahan empat bulan di Santiago Bernabeau.

Meskipun kemenangan Liga Champions pekan lalu di kandang sendiri melawan Viktoria Plzen mengurangi tekanan yang semakin besar pada Lopetegui, kekalahan di Camp Nou adalah kekalahan ketiga LaLiga yang beruntun yang dewan Madrid sudah tak mau mempertahankannya.

Berikut fakta-fakta di balik pemecatan pelatih berusia 52 tahun itu sebagaimana dilansir Soccerway:

- Lopetegui mengambil alih 14 pertandingan saat melatih Los Blancos. Mereka menang enam kali, kalah empat kali dan dua hasil imbang.

- Dalam pertandingan-pertandingan itu Madrid kebobolan 20 kali, dan mencetak 21 gol. Enam gol Karim Benzema membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak tim di bawah Lopetegui.

- 14 gol Madrid yang dicetak di LaLiga adalah total terendah mereka pada tahap ini sejak 2004-05. Ke-14 kebobolan adalah rekor pertahanan terburuk mereka setelah 10 pertandingan sejak 2008-09.

- Los Blancos menembakkan 179 tembakan di LaLiga di bawah asuhan Lopetegui, termasuk yang diblokir, yang lebih dari tim mana pun di divisi itu. Namun, tingkat konversi tembakan 7,82 persen mereka adalah yang ketujuh terendah di liga.

- Gareth Bale memulai 11 dari 14 pertandingan di bawah asuhan Lopetegui dan digantikan dalam sembilan pertandingan, termasuk dalam laga El-Clasico pada Minggu di Camp Nou.

- Benzema, Isco, Casemiro dan Marco Asensio adalah satu-satunya empat pemain yang tampil di setiap pertandingan sejak Lopetegui Madrid melatih.

- Penjaga gawang Real Madrid, Keylor Navas dan Thibaut Courtois hanya menepi bola sebesar 65 persen dari semua tembakan yang hadapi di LaLiga. Ini adalah rekor terburuk keempat dari setiap tim di divisi ini.

TAGS : Real Madrid Julen Lopetegui Liga Spanyol




TERPOPULER :