Jum'at, 16/11/2018 02:03 WIB

Trump Bantah Lindungi Pembunuh Khashoggi

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membantah telah menutup-nutupi tersangka dalam dugaan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump saat memberikan pernyataan (REUTERS/Yuri Gripas)

Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membantah telah menutup-nutupi tersangka dalam dugaan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Kepada awak media, Trump menegaskan AS saat ini berada dalam posisi mempelajari kasus tersebut, sementara di saat bersamaan media Turki pro pemerintah menyebut Khashoggi telah dimutilasi oleh agen Saudi di konsulat mereka di Istanbul.

“Tidak sama sekali. Saya hanya ingin mencari tahu apa yang sedang terjadi,” ujar Trump di Gedung Putih dilansir dari AFP pada Kamis (18/10).

“Saya tidak menutupi sama sekali,” tegasnya sekali lagi.

Trump menuturkan, dia akan mendapatkan laporan lengkap mengenai kasus hilangnya Khashoggi, dari Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, yang diutus bertemu pimpinan Turki dan Saudi.

Sejak bertemu dengan Raja Saudi, Pompeo belum mengucapkan sepatah informasi pun. Dia menyatakan belum akan membuka fakta terkait kasus itu.

“Kami mungkin akan tahu sesuatu akhir pekan ini,” jelas Trump.

Sebelumnya, laporan dari media setempat bahwa Khashoggi telah dimutilasi oleh agen Saudi, tak lama setelah kolumnis The Washington Post tersebut memasuk Konsulat Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober lalu.

Para agen tersebut dicurigai terkait dengan Pangeran Mohammad bin Salman, yakni putra Raja Salman bin Abdulaziz.

TAGS : Amerika Serikat Jamal Khashoggi Arab Saudi




TERPOPULER :