Kamis, 13/12/2018 06:51 WIB

PM Inggris: Negosiasi Brexit Alami Kebuntuan

Kedua pihak ingin mendapatkan kesepakatan pada bulan November. Para pemimpin Uni Eropa telah mendorong pemisahan yang kurang berat, serupa dengan Norwegia.

Theresa May

Jakarta - Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan negosiasi brexit telah mencapai "kebuntuan" dan pemimpin Uni Eropa harus mempersiapkan untuk "tidak ada kesepakatan" keluar.

May menyatakan frustrasi setelah Uni Eropa memblokir strategi Brexit setelah seminggu negosiasi di Salzburg, Austria. Ini telah memperbarui kekhawatiran bahwa Inggris dapat meninggalkan Uni Eropa pada 29 Maret tanpa ada kesepakatan, tiga tahun setelah para pemilih menyetujuinya.

"Pada tahap akhir dalam negosiasi ini, tidak dapat diterima untuk menolak proposal pihak lain tanpa penjelasan rinci dan proposal balasan," kata May dilansir UPI.

"Jadi sekarang kita perlu mendengar dari Uni Eropa apa masalah sebenarnya dan apa alternatif mereka sehingga kita bisa mendiskusikannya. Sampai kita melakukannya, kita tidak bisa membuat kemajuan," tambahnya.

Kedua pihak ingin mendapatkan kesepakatan pada bulan November. Para pemimpin Uni Eropa telah mendorong pemisahan yang kurang berat, serupa dengan Norwegia.

May mengatakan jika Brexit tidak diterima, maka Inggris masih akan menerima perintah dari Brussels dan akan ada "imigrasi yang tidak terkendali" dari Uni Eropa. Brexit adalah latihan demokrasi negara terbesar yang telah dialami negara itu.

"Ini adalah sesuatu yang tidak akan pernah saya setujui - memang, menurut penilaian saya itu adalah sesuatu yang tidak akan disetujui oleh perdana menteri Inggris," kata May. "Jika UE yakin itu akan terjadi, mereka membuat kesalahan mendasar."

Juga dapat meyakinkan warga negara Uni Eropa yang tinggal di Inggris bahwa mereka akan dilindungi terlepas dari apa yang terjadi.

"Ada lebih dari 3 juta warga Uni Eropa yang tinggal di Inggris yang akan sangat khawatir tentang apa hasil dari KTT kemarin berarti untuk masa depan mereka," kata May Jumat.

"Saya ingin menjelaskan kepada Anda bahwa bahkan jika tidak ada kesepakatan, hak Anda akan dilindungi. Anda adalah teman kami, tetangga kami, rekan kerja kami. Kami ingin Anda tetap di sini."

Pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn menyebut strategi jalan keluar May sebagai bencana.

"Sejak hari pertama, perdana menteri tampak tidak mampu memberikan kesepakatan Brexit yang bagus untuk Inggris," kata Corbyn.

"Permainan politik dari Uni Eropa dan pemerintah kita harus berakhir karena tidak ada kesepakatan bukanlah pilihan."

TAGS : Theresa Mau Inggris Brexit Uni Eropa




TERPOPULER :