Kamis, 13/12/2018 06:53 WIB

Kombes Panca Putra Resmi Jabat Dirdik KPK

Kombes Pol R.Z Panca Putra resmi dilantik sebagai Direktur Penyidikan (Dirdik) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggantikan posisi Brigadir Jenderal Aris Budiman.

Gedung KPK RI (foto: Jurnas)

Jakarta - Kombes Pol R.Z Panca Putra resmi dilantik sebagai Direktur Penyidikan (Dirdik) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggantikan posisi Brigadir Jenderal Aris Budiman.

Panca sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Ketua KPK Agus Rahardjo secara langsung melantik Panca. Selain Panca, pejabat lain yang dilantik adalah Eko Marjono sebagai Direktur Monitor dan Arif Waluyo sebagai Kepala Biro Perencanaan Keuangan.

"Saya dengan ini secara resmi melantik saudara-saudara dengan jabatan yang baru di lingkungan KPK," kata Agus, di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (20/9).

Agus meyakini, pejabat yang baru dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab. "Saya percaya saudara-saudara melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," kata Agus.

Selanjutnya, Agus langsung mengambil sumpah Panca, Eko, dan Arif. Mereka bertiga secara bersamaan mengikuti sumpah yang dibacakan Agus.

"Apakah saudara bersedia ucapkan sumpah?" kata Agus. "Bersedia," jawab mereka bertiga.

Setelah mengambil sumpah, secara berturut-turut, Eko, Panca, dan Arif membacakan pakta integritas. Mereka kemudian menandatangani pakta integritas di hadapan Agus, Plt Sekretaris Jenderal KPK Pahala Nainggolan, dan Deputi Penindakan KPK Inspektur Jendral Firli.

Pelantikan Dirdik KPK yang baru dan dua pejabat ini turut dihadiri pejabat dan para penyidik yang bekerja di lembaga antirasuah. Panca menyisihkan empat kandidat lain yang juga berpeluang menggantikan Aris.

Empat kandidat lain itu yakni, Kepala Subdit I Dittipikor Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sulawesi Selatan Kombes Yudhiawan Wibisono, Kepala Bidang Penyelenggara Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Balitbang Kejaksaan Agung Yudi Kristiana, dan penyidik KPK Budi Sukmo.

TAGS : KPK Seleksi Dirdik Aris Budiman Panca Putra




TERPOPULER :