Kamis, 20/09/2018 03:31 WIB

UPZ Mabes TNI Terima Penghargaan Spesial Award 2018

Baznas Award

Jakarta - Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Unit Organisasi Mabes TNI meraih penghargaan Spesial Award 2018 dari Baznas sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ) teladan. Penganugerahan Spesial Award 2018 tersebut dilaksanakan, Jumat (7/9/2018) di Aula HM Rasjidi Kemenag RI, Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Baznas tersebut merupakan bentuk partisipasi dalam rangka menyemarakkan Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018 sesuai surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor B-486/M. Sesneg/Set/TU.00.04/07/2018 tanggal 11 Juli 2018 dengan penjaringan penerima award dari tanggal 9 sampai dengan 24 Agustus 2018.

Penghargaan terdiri dari dua kelompok, yaitu Baznas Award untuk pengelola zakat dalam struktur Baznas dan Spesial Award untuk pengelola zakat di luar struktur Baznas (mitra Baznas). Penilaian dilakukan oleh para juri yang dipimpin langsung oleh Ketua Baznas Bambang Sudibyo dan sebelas komisioner serta empat orang direksi.

Kategori penghargaan juga diberikan kepada beberapa kepala daerah terpilih, tokoh pendukung kebangkitan zakat. BUMN dan BUMS antara lain kategori Platform Donasi Zakat Indonesia, Fintech Sedekah QR Code, Mall Peduli Zakat Indonesia, Layanan Pembayaran via Perbankan, Unit Pengelola Zakat (UPZ) Teladan, Program CSR indonesia dan CEO peduli Zakat.

Kapusbintal TNI Laksma TNI Budi Siswanto, yang hadir mewakili Panglima TNI mengatakan, bahwa bagi UPZ Mabes TNI penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya. Pada tahun sebelumnya meraih Baznas AWARD 2017 sebagai UPZ terbaik dan tahun ini meraih SPESIAL AWARD 2018 sebagai UPZ Teladan, karena mempunyai program yang aktif serta kinerja yang bagus.

"Mudah-mudahan penghargaan ini bisa lebih memotivasi prajurit TNI untuk melaksanakan salah satu rukun Islam, karena zakat sangat bermanfaat bagi kehidupan keluarga besar TNI agar lebih berkah sekaligus dalam menunjang keberhasilan tugas pokok TNI yang diantaranya dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT," ujarnya.

Ketika ditanya rahasia keberhasilan UPZ Mabes TNI meraih penghargaan tersebut, Ketua UPZ Mabes TNI Kolonel Caj Nur Chamdani menjelaskan dengan singkat. "Yaitu amanah dan ikuti aturan yang Ada. Sesungguhnya tujuan yang sebenarnya dalam mengelola zakat bukan untuk mencari penghargaan, tapi bagaimana zakat yang terkumpul tersebut bisa tepat sasaran kepada mustahik sehingga benar-benar dirasakan manfaatnya," jelasnya.

Adapun sasaran penyaluran zakat yg dikumpulkan dari prajurit TNI ini diprioritaskan bagi keluarga besar TNI dan sebagian masyarakat yang tergolong mustahik. Setiap penyaluran selalu dilaksanakan bersama dengan staf BAZNAS, antara lain berupa renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) bagi veteran dan warakawuri, lampu penerangan di daerah terpencil, santunan biaya hidup dan mobil ambulance bagi satuan TNI yang berada di daerah perbatasan atau daerah lain di wilayah NKRI yang tidak memiliki ambulance untuk melayani anggota TNI maupun masyarakat yang memerlukan bantuan.

TAGS : Baznas Zakat TNI




TERPOPULER :