Rabu, 21/11/2018 09:30 WIB

Trump Disebut Tak Paham Konstitusi

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: AP)

Tehran - Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry mengatakan, Presiden Trump tidak mampu melakukan pekerjaannya sebagai presiden karena ia tidak mengerti Amerika.

"ketika Anda mentwitt menghukum jaksa agung AS karena mengikuti hukum dan melakukan apa yang seharusnya dilakukan Departemen Kehakiman, dengan membuat anggota kongres Republik bertanggung jawab sebagai orang lain dan mendakwa mereka, dan presiden memasukkannya ke dalam konteks mempengaruhi pemilihan, Anda punya presiden yang jelas tidak mengerti Amerika, tidak memahami Konstitusi, tidak memahami peran Departemen Kehakiman, pemisahan kekuasaan, dan itu berbahaya," jelas Kerry kepada CNN.

Kerry juga merujuk kutipan dari buku wartawan veteran Bob Woodward, Fear: Trump in the White House.  Ia menyebut laporan-laporan itu sangat terperinci sebagai bukti pemimpin Gedung Putih saat ini tak becus.

"Saya pikir itu lebih dari (dia) gambarkan," kata Kerry.

"Kami telah mengkonfirmasi, selama lebih dari satu tahun, beberapa orang menulis buku dan berbicara seperti Woodward dan mengatakan kepadanya apa yang mereka katakan dan amati. Woodward jelas seorang reporter yang hebat tahu bagaimana mengumpulkan fakta-fakta dan melindungi sisi-sisi tubuhnya sehingga kredibilitasnya sangat, sangat tinggi. Beberapa bukti datang langsung dari presiden sendiri," sambungnya.

Kutipan dari buku Woodward yang dirilis minggu ini banyak menyinggung Gedung Putih. Terutama ketika para pejabat berusaha untuk mengecam klaim bahwa ada disfungsi internal dalam administrasi Trump.

Kutipan-kutipan itu datang pada minggu yang sama dengan pernyataan  pejabat anomim  yang diterbitkan di The New York Times, memicu badai karena merinci upaya `perlawanan` internal terhadap pembangunan Trump di Gedung Putih.

Presiden dan pemerintahannya telah mengutuk akun-akun Woodward dan penulis anonim, dengan mengatakan bahwa mereka penuh dengan kesalahan. (IRNA)

TAGS : Donald Trump Amerika Serikat John Kerry




TERPOPULER :