Sabtu, 22/09/2018 18:44 WIB

Uni Eropa Cabut Sanksi Impor Panel Surya China

Langkah anti-dumping dan anti-subsidi Uni Eropa terhadap panel surya dari China berakhir pada Senin, 3 September

Bendera Uni Eropa (Foto: UB Post)

Ankara -  Uni Eropa (UE) telah mengakhiri sanksi impor panel surya dari China. UE pertama kali memberlakukan pembatasan itu pada Desember 2013 dengan jangka waktu dua tahun, yang kemudian diperbarui pada Maret 2017 untuk jangka waktu 18 bulan. 

"Setelah diberlakukan selama hampir lima tahun, langkah anti-dumping dan anti-subsidi Uni Eropa terhadap panel surya dari China berakhir pada Senin, 3 September," kata Komisi Eropa lewat sebuah pernyataan yang dirilis pada Senin.

Sejak Maret 2017, Komisi Eropa telah mengupayakan keseimbangan antara kepentingan pengguna, importir, dan produsen panel surya Uni Eropa. Komisi juga ingin memastikan bahwa konsumen UE dapat membeli panel dengan harga mendekati tingkat pasar dunia.

"Pembatasan itu semakin longgar dari waktu ke waktu agar harga impor ke Uni Eropa selaras secara progresif dengan harga pasar dunia," jelas komisi.

Menurut komisi, situasi pasar cenderung stabil sehingga perpanjangan sanksi pun dianggap tak perlu.  Oleh karena itu, Komisi Eropa menolak permintaan industri UE untuk peninjauan kedaluwarsa. (AA)

TAGS : Uni Eropa Impor China




TERPOPULER :