Sabtu, 22/09/2018 03:19 WIB

Konfederasi Dinilai "Hancurkan" Tujuan Palestina

Abbas berkata AS menawarkan ide menciptakan konfederasi Palestina-Yordania

Seorang demonstran Palestina menggunakan raket untuk mengembalikan tabung gas air mata yang ditembakkan oleh pasukan Israel selama protes menuntut hak untuk kembali ke tanah air mereka di perbatasan Israel-Gaza di Jalur Gaza selatan (Foto: REUTERS / Ibraheem Abu Mustafa

Palestina - Kelompok resistensi Palestina Hamas berkata usulan Amerika Serikat (AS) untuk membuat sebuah konfederasi antara Palestina dan Yordania bertujuan untuk menghilangkan isu Palestina.

"Konfederasi artinya merampas kekuasaan Yordania, menghilangkan hak untuk kembali dan menghancurkan UNRWA," kata Juru Bicara Hamas Hazem Qasem melalui sebuah pernyataan pada Senin.

Pada Minggu, harian Israel Haaretz melaporkan Presiden Palestina Mahmoud Abbas berkata ajudan dan menantu Presiden AS Donald Trump Jared Kushner dan utusan Timur Tengah AS Jason Greenblatt menawarkan ide untuk membentuk konfederasi Palestina-Yordania.

Berbicara dalam pertemuan dengan organisasi non-pemerintah Peace Now di Ramallah, Abbas dilaporkan berkata akan menerima tawaran tersebut dan meminta Israel menjadi bagian dari konfederasi yang diusulkan.

Juru Bicara Kepresidenan Palestina Nabil Abu Rudeina berkata masyarakat Palestina dan Yordania yang harus memutuskan permasalahan konfederasi ini, menurut kantor berita resmi WAFA.

Hamas berkata pembicaraan Abbas tentang konfederasi antara Palestina dan Yordania "membantu pendudukan (Israel) menjadi bagian dari wilayah tersebut".

Pada Minggu, pemerintah Yordania menolak usulan AS untuk membuat konfederasi antara Palestina dan Yordania. (aa)

TAGS : Konfederasi Palestina Yordania Amerika Serikat




TERPOPULER :