Senin, 19/11/2018 20:10 WIB

Begini Penampakan Awal Kesepakatan Perdagangan Bebas AS-Meksiko

Kesepakatan baru ini memperbolehkan Ottawa bergabung bila negara tersebut bersedia mengikuti syarat-syarat yang sudah disepakati oleh Mexico City dan Washington.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: AP)

Washington - Amerika Serikat (AS) dan Meksiko mencapai perjanjian perdagangan awal  untuk menggantikan kesepakatan perdagangan bebas yang melibatkan Kanada.

Presiden AS Donald Trump mengumumkan akan menghantikan perjanjian trilateral yang sebelumnya berlaku, yang dikenal dengan nama Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).

Kesepakatan baru ini memperbolehkan Ottawa bergabung bila negara tersebut bersedia mengikuti syarat-syarat yang sudah disepakati oleh Mexico City dan Washington.

Alternatifnya, Kanada bisa membuat kesepakatan perdagangan terpisah dengan kedua negara. Berbicara kepada media di Ruang Oval, Trump menyatakan kedua opsi ini bisa jadi pilihan.

"Kami masih akan melihat apakah akan melibatkan Kanada atau membuat kesepakatan terpisah," ujar Trump.

"Sejujurnya, hal termudah yang bisa kami lakukan adalah menambah tarif masuk produk mobil mereka. Ini akan menghasilkan banyak uang dan merupakan negosiasi yang mudah, bisa diselesaikan dalam sehari dan pada hari berikutnya kami mendapatkan banyak uang. Tapi saya rasa kami akan memberi mereka kesempatan untuk membuat kesepakatan terpisah. Kita bisa membuat kesepakatan terpisah atau kita bisa memasukannya ke dalam kesepakatan ini," tambahnya.

Proses negosiasi dengan Kanada dapat dimulai sesegera mungkin, kata Trump, menandaskan bahwa dia akan "segera" menelepon Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Trump juga menyatakan bahwa perjanjian yang baru dibuat ini akan dinamai "Perjanjian Perdagangan Amerika Serikat-Meksiko".

Terlepas dari bergabungnya Kanada dalam perjanjian ini, kesepakatan perdagangan apapun harus diratifikasi oleh Kongres.

Kantor Perwakilan Perdagangan AS merilis sejumlah pernyataan yang menjabarkan kritaria perjanjian yang diperbarui, termasuk di antaranya menaikkan jumlah konten produk otomotif yang dibuat di AS dan Meksiko menjadi 75 persen dari semula 62,5 persen untuk dikecualikan dari pajak.

Syarat lain juga menyatakan setidaknya ada 40 hingga 45 persen konten produk otomotif yang harus dibuat oleh karyawan yang digaji setidaknya USD16 per jam.

Negosiasi untuk merombak NAFTA dimulai setahun yang lalu. Pakta perdagangan bebas ini menjadi bahan kritik yang berulang terhadap Trump.

Wall Street merayakan berita tentang perjanjian AS-Meksiko ini, dengan indeks industri Dow Jones melonjak sebanyak 260 poin ke rekor tertinggi. S&P 500 dan Nasdaq juga memecahkan rekor.  

TAGS : Kanada Meksiko NAFTA Amerika Serikat




TERPOPULER :