Minggu, 23/09/2018 19:28 WIB

Lima Minuman Pengusir Kolesterol

Hidangan daging bisa berisiko pada kenaikan kolesterol Anda, lalu bagaimana mengatasinya?

Salah satu minuman buah yang bisa mengusir kolesterol (Foto: Istimewa)

Jakarta – Hampir seminggu Lebaran Idul Adha berlalu, selema beberapa hari sajian aneka daging bisa jadi mlengkapi meja makan Anda. Mulai dimasak sate, gulai, tongseng dan lain sebagainya.

Yang perlu diketahui, daging yang disajikan bersantan dan berminyak di atas, merupakan tersangka utama naiknya kolesterol tubuh, lho.

Namun, Anda tidak perlu cemas, seperti yang dilansir dari laman Halodoc, selain membatasi asupan makanan tersebut, Anda bisa juga mengonsumsi minuman penurun kolesterol di bawah ini agar kadar kolesterol darah tetap normal setelah lebaran.

1. Jahe

Selama berabad-abad, jahe telah dikenal dapat membantu mengobati berbagai masalah kesehatan seperti diare, mual, atau mengobati asma. Enggak cuma itu, manfaat jahe juga bisa melancarkan aliran darah, hingga mengurangi nyeri otot pasca olahraga.
Lalu, bagaimana dengan kolesterol? Ternyata jahe juga bisa membantu tubuh untuk menurunkan kolesterol dan mencegah aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah). Enggak percaya?

Kata ahli dalam studi yang dilakukan University of Maryland Medical Center, konsumsi jahe minimal empat gram yang dicampur dalam teh, bisa menyeimbangkan efek dari konsumsi menu berbahan daging yang mengandung kolesterol.

2. Apel

Buah yang satu ini bisa bantu mengurangi kadar kolesterol tubuh. Kok bisa? Kata ahli, kandungan pektin, yaitu serat larut mampu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Kolesterol LDL inilah yang jadi biang keladi dari masalah kesehatan. Sebab LDL  yang bereaksi dengan radikal bebas, bisa meningakatkan proses peradangan dan pembentukan plak di arteri.

Selain pektin, apel juga kaya akan polifenol. Yang satu ini merupakan antioksidan yang ada pada kulit apel, yang kerjanya memperlabat oksidasi LDL. Kamu bisa kok mengolah buah ini menjadi jus dingin yang nikmat untuk diminum.

3. Delima

Kata ahli, buah ini cukup ampuh untuk membantu penurunan penyerapan kolesterol dalam darah. Pasalnya, fitosterol yang terkandung di dalam delima bisa menghambat penyerapan kolesterol dan meningkatkan pengeluaran garam empedu.

Nah, ketika garam empedu berkurang, otomatis kolesterol yang ada di hati dan pembuluh darah juga akan berkurang. Kok bisa? Alasannya sederhana, sebab garam empedu itu bahan dasarnya adalah kolesterol. Seperti buah lainnya, buah ini juga bisa kok dikonsumsi dengan mengolahnya menjadi segelas jus.

4. Teh Hijau

Selain bisa membantu menurunkan berat badan dan membuat pikiran jadi lebih rileks, teh hijau juga dikenal sebagai minuman alami penurun kolesterol. Teh ini mengandung flavonoid yang disebut katekin. Kata ahli, zat ini sebenarnya enggak benar-benar memengaruhi kerja enzim yang memecah lemak. Namun, katekin bisa mengurangi penyerapan kolesterol dan meningkatkan kemampuan pembuangan kolesterol lewat fases.

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang mengonsumsi teh hijau selama delapan minggu berturut-turut, kadar kolesterol LDL nya bisa turun sebanyak dua sampai empat persen. Kata ahli, antioksidan dalam minuman ini bisa menekan proses oksidasi LDL. Nah, turunnya kolesterol LDL ternyata bisa menurunkan rasio kematian akibat penyakit jantung sebanyak 22-23 persen, lho.

5. Tomat

Buah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ini juga mampu menurunkan kolesterol melalui kandungan likopen (zat yang membuat tomat berwarna merah) di dalamnya.

Kata ahli, bila Anda rutin mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 mg, kadar kolesterol LDL dalam tubuh bisa turun sebanyak 10 persen. Agar hasilnya makimal, cobalah konsumsi setengah liter jus tomat secara rutin.

TAGS : Daging Tips Minuman Kolesterol




TERPOPULER :