Minggu, 18/11/2018 09:38 WIB

Iran Tutup 130 Perusahaan, Ada Apa?

Menteri Pertahanan mengatakan penutupan itu bertujuan untuk mengurangi peran militer di sektor perekonomian.

Bendera kebangsaan Iran

Ankara - Kementerian Pertahanan Iran, Amir Hatami menutup lebih dari 130 perusahaannya yang bergerak di bidang transportasi, energi, dan konstruksi.

"Kementerian telah menyerahkan sahamnya di Wagon Pars dan Iran Air Tours," kata Hatami lewat sebuah pernyataan yang dirilis pada Senin (27/8).

Wagon Pars adalah perusahaan manufaktur kereta api Iran. Produknya mencakup lokomotif, kereta api, gerbong barang dan bahan bakar, hingga peralatan pesawat. Iran Air Tours adalah maskapai penerbangan yang berbasis di Teheran.

Hatami mengatakan penutupan itu bertujuan untuk mengurangi peran militer di sektor ekonomi. Menurutnya, pemerintahan sebelumnya telah memprivatisasi banyak perusahaan milik militer.

Menteri Pertahanan itu menekankan bahwa militer siap untuk mentransfer 72 persen proyek perusahaan-perusahaan yang dijalankan militer ke sektor swasta.

Januari tahun lalu, Hatami mengatakan bahwa Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei telah menginstruksikan militer untuk mundur dari sektor ekonomi negara. (aa)

TAGS : Iran Amir Hatam




TERPOPULER :