Senin, 24/09/2018 08:43 WIB

Korsel Sesalkan Pembatalan Pompeo ke Korut

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan menyesalkan pembatalan kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo ke Korea Utara.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo (Foto: IRNA)

Seoul – Kementerian Luar Negeri Korea Selatan menyesalkan pembatalan kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo ke Korea Utara.

Pasalnya, kunjungan tersebut, menurut Menlu Korsel Kang Kyung-wha sarat harapan dari masyarakat internasional supaya proses denuklirisasi Korut di Semenanjung Korea segera rampung, dan perdamaian Korut dan Korsel lekas terwujud.

Korsel menyayangkan kunjungan Pompeo tertunda ke DPRK (Korut, Red),” demikian pernyataan Kemlu Korsel pada Sabtu (25/8) kemarin.

Guna mencapai tujuan itu, Kang menelepon Pompeo. Dia berharap AS segera menetapkan jadwal kunjungan ke Korut.

Seperti diketahui, Presiden AS Donald memerintahkan Pompeo menunda kunjungannya ke Korut, menyusul hubungan yang kurang harmonis dengan China.

China, menurut Trump, tidak memberikan upaya terbaiknya untuk mendorong proses denuklirisasi. Malah kini, AS dan China terlibat dalam perang dagang.

“Saya telah meminta Menteri Luar Negeri Mike Pompeo tidak pergi ke Korea Utara. Karena saya rasa tidak ada kemajuan terkait denuklirisasi,” jelas Trump lewat akun Twitternya.

TAGS : Korea Utara Nuklir Korsel Amerika Serikat




TERPOPULER :