Kamis, 20/09/2018 11:21 WIB

Turki Naikkan Tarif Impor AS jadi 100 Persen

Produk-produk yang dikenai tarif tambahan adalah mobil, beras, alkohol, tembakau, dan kosmetik

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (Foto: Kevin Lamarque/ Reuters)

Ankara – Pemerintah Turki meningkatkan tarif 100 persen pada beberapa produk buatan Amerika Serikat (AS). Demikian laporan dekrit Presiden Recep Tayyip Erdogan yang dikeluarkan pada Rabu (15/8) pagi.

Dilansir dari Anadolu, keputusan baru itu resmi menggantikan dekrit presiden sebelumnya yang diterbitkan pada 11 Juli.

"Tarif impor beberapa produk telah ditingkatkan sebagai balasan atas tekanan pemerintah Gedung Putih terhadap ekonomi Turki," kata Wakil Presiden Turki Fuat Oktay lewat akun Twitter miliknya.

Produk-produk yang dikenai tarif tambahan di antaranya yaitu mobil, beras, alkohol, tembakau, dan kosmetik. Sehari sebelumnya, Erdogan juga berjanji akan memblokir produk elektronik buatan AS.

Sekader diketahui, hubungan Turki-AS memburuk setelah Washington menjatuhkan sanksi ke Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu dan Menteri Kehakiman Abdulhamit Gul karena tidak membebaskan Pastor Andrew Brunson, yang diduga terlibat aktivitas terorisme di Turki.

Presiden Donald Trump pada Jumat menambah serangannya ke Turki dengan menaikkan tarif impor aluminium dan baja Turki, masing-masingnya menjadi 20 persen dan 50 persen.

TAGS : Turki Amerika Serikat Donald Trump Erdogan




TERPOPULER :