Rabu, 19/09/2018 04:12 WIB

Asian Games Akan Jadi Ajang Perdamaian Korea

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani melakukan kunjungan resmi ke presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi Korea Utara Kim Yong-nam di Pyongyang.

pertemuan Presiden Korut dan Korsel (foto: UPI)

Jakarta - Perhelatan Asian Games 2018 akan memperlihatkan Korea Utara dan Korea Selatan bersatu sebagai tim gabungan untuk beberapa kompetisi olahraga, yang akan berlangsung di Jakarta Palembang 2018 antara 18 Agustus dan 2 September.

“Sesuai dengan slogan Asian Games, `Energy of Asia`, kami ingin membawa semangat untuk perdamaian Asia, terutama di Semenanjung Korea,” kata Direktur Utama Jakabaring Sport City Bambang Supriyanto.

Dia mengatakan keputusan itu diambil untuk mendukung proses perdamaian antara kedua negara. Karena itu, kedua Korea akan berpartisipasi dalam Asian Games di bawah bendera unifikasi Korea.

"Bendera unifikasi menampilkan siluet biru Semenanjung Korea," tambah Supriyanto.

Supriyanto juga telah menyiapkan berbagai kegiatan lintas budaya untuk mengumpulkan atlet dari 45 negara. Korea Utara dan Selatan akan membentuk tim gabungan dalam tiga cabang yakni bola basket wanita, balap perahu naga, dan mendayung.

Pekan lalu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani melakukan kunjungan resmi ke presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi Korea Utara Kim Yong-nam di Pyongyang.

Menteri menyampaikan surat undangan dari Presiden Indonesia Joko Widodo kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong-un untuk menghadiri upacara pembukaan Asian Games di Jakarta pada 18 Agustus. (AA)

 

TAGS : Korut Korsel Asian Games




TERPOPULER :