Jum'at, 16/11/2018 20:55 WIB

BCL dan Kirab 54 Patung Dewa Sebagai Dukungan Asian Games 2018

Bunga Citra Lestari ikut meramaikan acara di kelenteng Kwan Sing Bio dan antusias dengan kirab Asian Games di lokasi tersebut.

BCL saat tampil menghibur di Kelenteng Kwan Sing Bio di Tuban. (Foto : Jurnas/Ginting)

Tuban- Masyarakat Indonesia di seluruh wilayah menyambut antusias Asian Games 2018. Termasuk di pesisir pantai Tuban, Jawa Timur, tepatnya di Kelenteng Kwan Sing Bio. Saat merayakan ulang tahun ke-1858 Kongco Kwan Sing Tee Koen, Minggu (5/8) lalu, kelenteng pimpinan Alim Sugiantoro ini menggelar kirab atau mengarak 59 miniatur patung Dewa, sebagai bentuk dukungan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia.

“Ya, kami mendukung Asian Games 2018. Malah kami sengaja membuat seragam khusus untuk itu dan dipakai para peserta kirab. Ribuan orang ikut dalam kirab ini yang akhirnya sangat panjang baris berbarisnya,” ucap Ketua Koordinator HUT Kongco Kwan Sing Tee Koen, Alim Sugiantoro.

Arak-arakan dengan kaos Kelenteng yang juga bertuliskan Asian Games 2018 ini, terjadi di sejumlah titik jalan di Tuban, yakni jalan Panglima Sudirman, WR Supratman, Basuki Rahmat, Diponegoro, dan kembali ke kelenteng. Menurut Alim Sugiantoro, ritual kirab patung dewa ini merupakan kehendak dari yang mulia Kong Co.

"Kita telah mendapat ijin dari pemda setempat dan juga kepolisian. Kalau tidak diizinkan untuk kirab, kegiatan tersebut juga tidak akan dilakukan. Jadi tidak setiap tahun ada acara seperti ini," tegas Alim.

Sosok patung Kongco Kwan Sing Tee Koen juga memiliki magnet tersendiri bagi masyarakat yang berkunjung ke area tersebut. Patung terbesar itu, ditunggu dan dinanti oleh masyarakat pengunjung lintas wilayah dan juga luar negeri.

"Karena memang Kongco Kwan Sing Tee Koen yang paling terkenal di seluruh dunia. Patung ini menjadi daya tarik tersendeiri untuk pengunjung. Kami mengarahkan semua kalangan ikut untuk menunjukkan kebersatuan umat beragama. Jadi kegiatan ini untuk kemakmuran dan perdamaian negara. Kirab sebagai dukungan Asian Games juga,” terang Alim.

Selain kirab akbar, acara ulang tahun juga diramaikan dengan penampilan penyanyi Bunga Citra Lestari pada Sabtu (4/8) malam.

"Antusias masyarakat Tuban dan juga pengunjung yang ingin ibadah di kelenteng ini luar biasa sekali. Ini salah satu alasan saya ingin banget manggung di kelenteng. Enggak nyangka panggungnya semegah ini, seru banget. Penontonnya juga seru. Semoga tahun depan bisa ikut menyemarakkan lagi acara ini," ungkap BCL.

TAGS : Kabar Artis Bunga Citra Lestari Asian Games




TERPOPULER :