Senin, 24/09/2018 16:12 WIB

Trump Perintahkan Jasa Agung Akhiri Penyelidikan terhadap Rusia

Trump juga secara terbuka mengecam penyelidikan yang dipimpin oleh penasihat khusus Robert Mueller sebagai aib.

Putin dan Trump

Washington – Presiden Amerika Serikat Donald Trump memerintahkan jaksa agungnya Jeff Sessions untuk mengakhiri penyelidikan terhadap Rusia, yang selama ini dituding telah ikut campur dalam Pemilihan Presiden AS 2016 lalu.

Dalam cuitannya di Twiiter, Trump juga secara terbuka mengecam penyelidikan yang dipimpin oleh penasihat khusus Robert Mueller sebagai aib.

"Ini adalah situasi yang mengerikan, Jaksa Agung Jeff Sessions seharusnya menghentikan perburuan Rigged Witch ini sekarang, sebelum menodai negara kami lebih jauh," kata Trump pada Rabu (1/8).

Bagi juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders pernyataan Trump bukanlah sebuah perintah. Karena disampaikan melalui media sosial, maka itu hanyalah pendapat pribadi sang presiden.

"Ini bukan perintah, itu pendapat presiden," kata juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders kepada awak media. Dia menegaskan Trump ingin penyelidikan itu berakhir.

"Dia menggunakan media yang dia gunakan untuk opini, Twitter,” terang pengacara Trump Rudy Giuliani menambahkan.

"Dia menggunakan kata `seharusnya,` dia tidak menggunakan kata `harus.`"

Seperti diketahui, mantan Direktur FBI Mueller sedang menyelidiki apakah kemenangan Trump mendapatkan bantuan dari Rusia dalam memengaruhi pemilihan presiden 2016.

Muller sejauh ini telah mengantongi lusinan dakwaan, termasuk kepada orang-orang yang dicurigai sebagai peretas Rusia, dan mendapatkan pengakuan bersalah dari setidaknya tiga pembantu Trump yang dituduh berkomplot dan berbohong kepada para penyelidik.

TAGS : Amerika Serikat Rusia




TERPOPULER :