Rabu, 26/09/2018 02:52 WIB

Xi Jinping: Tidak Ada Pemenang dalam Perang Dagang

Perang dagang harus ditolak karena tidak akan ada pemenang, kata Presiden Xi.

Presiden China, Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump (Foto: Getty Images)

Beijing - Presiden China Xi Jinping mengatakan tidak ada pemenang dalam perang perdagangan global, menyusul ancaman Presiden AS Donald Trump yang akan menaikkan tarif impor Cina.

"Perang dagang harus ditolak karena tidak akan ada pemenang," kata Xi pada pembukaan KTT negara berkembang BRICS di Johannesburg, pada Rabu (25/7) kemarin.

"Unilateralisme dan proteksionisme semakin meningkat, menimbulkan pukulan keras bagi multilateralisme dan rezim perdagangan multilateral," katanya, tanpa menyebut nama Amerika Serikat.

"Kami menghadapi pilihan antara kerjasama dan konfrontasi, membuka dan menutup kebijakan, dan antara saling menguntungkan atau pendekatan mengemis ke negara tetangga,” lanjutnya dilansir dari AFP.

Para pemimpin ekonomi berkembang BRICS - Brasil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan - mengadakan pertemuan puncak tiga hari tahunan dengan perhatian terfokus pada ancaman perang perdagangan global yang dipimpin AS.

Presiden AS Donald Trump mengatakan siap untuk mengenakan tarif pada US$500 miliar impor Cina, dengan keluhan surplus perdagangan China dengan AS karena manipulasi mata uang yang tidak adil.

TAGS : Amerika Serikat China Perang Dagang




TERPOPULER :