Sabtu, 22/09/2018 09:57 WIB

Politisi Italia Beri Penghormatan atas Mundurnya Marchionne

Briton Mike, pria Inggris yang sebelumnya menjadi pemimpin grup Jeep, akan mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Marchionne.

Sergio Marchionne (Foto: AFP)

Milan – Media dan politisi India memberikan penghormatan kepada Sergio Marchionne, yang sudah 14 tahun memimpin raksasa otomotif Fiat, karena menderita masalah kesehatan serius yang diyakini mengancam nyawa.

“Marchionne, akhir sebuah era,” demikian headline surat kabar Corriere della Serra, setelah pertemuan darurat antara dewan Fiat Chrysler (FCA), Ferrari, dan CNH Industrial, tiga kelompok yang dikendalikan oleh keluarga Agnelli, pada akhir pekan lalu.

Sebagai penggantinya, Briton Mike, pria Inggris yang sebelumnya menjadi pemimpin grup Jeep, akan mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Marchionne.

Dilansir dari AFP, Marchionne (66) menderita komplikasi serius, setelah dioperasi di bahu kanannya bulan lalu. La Republica mengatakan kondisinya kini menjadi perhatian utama.

“Ini berita buruk,” kata Sekretaris Jenderal Serikat buruh Logam CISL, Marco Bentivoglio.

Dalam 14 tahun kepemimpinannya, Marchionne merombak Fiat, perusahaan swasta Italia, dari atas ke bawah, dan mengubahnya menjadi mastodon sektor.

Pada 2009 lalu, ia menggabungkan Fiat dengan pembuat mobil Amerika Serikat Chrysler, dan meninggalkan kendaraan industrinya untuk menciptakan CNH Industrial pada 2011. Marchionne berhasil memisahkan mereka mewah Ferrari pada Januari 2016.

“Marchionne merupakan protagonis besar dalam kehidupan ekonomi selama 15 tahun terakhir. Dia berhasil memberi Fiat masa depan, ketika itu tampaknya mustahil. Dia menciptakan lapangan kerja, bukan pengangguran,” ujar mantan Perdana Menteri Italia Matteo Renzi dalam sebuah kesempatan.

TAGS : Fiat Italia




TERPOPULER :