Kamis, 18/04/2024 09:43 WIB

Sandiaga Uno Resmikan Showroom Kopi Terbesar di Indonesia

Tempat untuk berinovasi dan berkreatifitas bagi pecinta dan pebisnis kopi.

Sandiaga Uno berpose bersama Duta Besar Itali untuk Indonesia dan CEO Toffin, Tony Arifin usai peresmian Toffin Coffee Showroom di Pluit, Jakarta Utara, Minggu (15/7).(Foto : Andi Mardana)

Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno bersama Duta Besar italia untuk Indonesia, H. E. Vittorio Sandalli meresmikan showroom kopi terbesar dan termewah di Indonesia, yakni Toffin Coffee Showroom berlokasi Pluit, Jakarta Utara, Minggu (15/7). Peresmian showroom seluas 1400 meter persegi ini turut dimeriahkan bintang tamu, Dale Harris, World Barista Champion 2017.

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno mengatakan sebagai pemimpin pasar mesin kopi di Tanah Air, Toffin turut berkontribusi menumbuhkan bisnis food & beverage (F&B) khususnya kedai kopi melalui produk berkualitas hingga jasa konsultasi bisnis, pengembangan menu, pelatihan barista, perawatan dan suku cadang mesin kopi.

"Kita patut bangga. Kedepannya melalui Ok Oce kita akan bekerjasama dengan Toffin untuk memberikan pelatihan kepada barista muda di Jakarta," ungkapnya.

Tony Arifin, Chief Executive Officer (CEO) Toffin Indonesia, menuturkan howroom ini akan menjadi "The Creative Hub for Coffee Enthusiast" yakni tempat untuk berinovasi dan berkreatifitas bagi pecinta dan pebisnis kopi.

"Minat masyarakat terhadap kopi kian meningkat. Saat ini kopi bukan hanya sekedar minuman tetapi juga penunjang gaya hidup. Hal tersebut mendorong orang untuk mengetahui lebih dalam soal kopi hingga membangun bisnis kedai kopi. Berangkat dari situ kami meresmikan showroom ini," jelas Tony.

Tempat ini akan menjadi pertemuan dua hub. Hub yang pertama menjadi training center berupa pembelajaran tentang kopi, pelatihan barista, pelatihan latte art, merawat peralatan dan mesin kopi, hingga sebagai tempat co-working space.

Hub kedua, business development center yang membantu calon pengusaha untuk merancang bisnis kedai kopi, mengenai peralatan dan mesin kopi terbaik, pengembangan menu yang inovatif, dan penjualan suku cadang.

Kemegahan showroom bisa dirasakan pada lantai dasar yang menampilkan koleksi premium dari Victoria Arduino. Ke arah selatan, produk-produk dari Nouva Simonelli berjajar apik dengan varian tipe dan model yang beragam. Pada lantai ini pula, pengunjung juga bisa mempelajari seluk beluk kopi, mengenal tokoh kopi dunia, hingga tren kopi pada sebuah multimedia. Di lantai ini akan dijadikan tempat untuk co-working space yang berkaitan tentang kopi ataupun kompetisi kopi.

Beranjak ke lantai dua, pengunjung disambut oleh Hario Jepang yang menguasai pangsa pasar manual brew di Indonesia. Di sebelahnya ada mesin kopi VBM dan waterfiltration untuk menghasilkan cita rasa kopi yang maksimal dari BWT Water+more yang merupakan pemimpin pasar dunia. Ada juga mesin blender dan grinderdari berbagai merek dengan corak, warna dan bentuk.

Untuk training skill disediakan tiga ruang (creative lab) bersekat kaca dimana pengunjung bisa belajar pembuatan kopi, barista, hingga eksperimen membuat varian minuman berbahan dasar kopi ataupun mocktail dan cocktail.

Dale Harris, World Barista Champion 2017, mengungkapkan kebahagiaannya bisa bertemu dengan pecinta kopi di Indonesia. Dalam kunjungannya, jawara dunia ini memperkenalkan mesin penggiling kopi generasi terbaru dari Victoria Arduino, Mythos 2. "Ini tempat yang keren. Semoga tempat ini bisa menjadi referensi untuk menimba ilmu dan mencari tahu mesin kopi terbaik kelas dunia," pungkasnya.

KEYWORD :

Sandiaga Uno Kopi Toffin showroom barista




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :