Senin, 19/11/2018 03:28 WIB

Weinstein Bebas dengan Uang Jaminan

Produser film ini menghadapi dakwaan legal dari 3 wanita, sementara lebih dari 75 wanita menuduhnya melakukan pelecehan seksual.

Produser Hollywood, Harvey Weinstein

Washington  - Produser film Harvey Weinstein dibebaskan dengan uang jaminan pada Senin (9/7) waktu setempat setelah menerima dakwaan ketiga terkait kejahatan seksual.

Weinstein yang berusia 66 tahun, menyerahkan diri kepada pengadilan Manhattan pada Senin sebelum hakim memerintahkan pembebasannya tanpa batas jaminan baru, walaupun sudah diminta oleh jaksa penuntut.

Pada Mei, Weinstein menyerahkan paspornya kepada otoritas dan dipasangi monitor elektronik sebagai syarat untuk bisa dibebaskan dengan uang jaminan sebesar USD1 juta.

Produser Hollywood tersebut kini menghadapi 3 dakwaan berlapis akibat perbuatannya kepada lebih dari 75 wanita yang menuduhnya melakukan kejahatan seksual.

Pengacara Weinstein, Benjamin Brafman, berkata akan mengantisipasi adanya dakwaan tambahan, namun tetap bersikeras kliennya tak bersalah.

"Penyangkalannya, dalam penilaian saya, terkonfirmasi setiap hari," ujar Brafman kepada reporter setelah Weinstein menghadiri sidang.

"Bila ada dakwaan lagi, kami akan menanganinya ketika waktunya datang," sambungnya.

Weinstein mengaku tidak bersalah atas dakwaan penyerangan seksual baru yang muncul pada Senin, yang bila terbukti maka dia terancam hukuman maksimal penjara seumur hidup. Dakwaan-dakwaan terhadap Weinstein ini termasuk yang paling serius.

Pad Mei, Weinstein didakwa dengan pasal pemerkosaan tingkat pertama dan ketiga, juga dakwaan berlapis kejahatan seksual yang berasal dari pertemuannya dengan dua wanita berbeda pada 2004 dan 2013.

Satu tuduhan tindakan kejahatan seksual dilaporkan terjadi pada 2004, ketika Weinstein bertemu dengan Lucia Evans yang kala itu berminat menjadi seorang aktris. Dalam wawancara dengan New Yorker, Evans berkata Weinstein memaksanya berhubungan seksual saat mereka seharusnya bertemu untuk pembacaan naskah di kantor Miramax yang berada di Tribeca, Manhattan.

Sementara itu, korban dalam dakwaan perkosaan tidak dibuka identitasnya.

Seluruh dakwaan ini hanya sebagian kecil dari banyak tuduhan lain yang diarahkan kepada Weinstein oleh belasan wanita, termasuk aktris-aktris Hollywood ternama seperti Rose McGowen dan Asia Argento yang kemudian memulai gerakan #MeToo di media sosial, dan mendorong para korban pelecehan seksual untuk berani menceritakan pengalaman pahit mereka. (aa)

TAGS : Harvey Weinstein Hollywood




TERPOPULER :