Rabu, 21/11/2018 12:31 WIB

Ekspatriat Muda Asia di Jakarta "Ngekos" Murahan

Anggaran yang dimiliki pekerja asing asal Asia terbatas sehingga mereka lebih mengutamakan faktor efisiensi dalam memilih tempat tinggal

Ilustrasi maket apartemen

Jakarta  - Colliers International memaparkan, ekspatriat muda asal Asia yang bekerja di ibu kota Jakarta,  cenderung memilih tinggal di kos atau menyewa apartemen menengah ke bawah di sekitar Kuningan, Jakarta Selatan.

Senior Associate Director Colliers International Ferry Salanto menyampaikan hal tersebut saat memaparkan hasil riset di Jakarta. Ekspatriat itu kebanyakan dari Tiongkok, Singapura, dan India.  Biasanya memilih tinggal berkelompok dengan sesama ekspatriat Tiongkok lainnya.

“Anggaran yang dimiliki pekerja asing asal negara Asia tersebut terbatas sehingga mereka lebih mengutamakan faktor efisiensi dalam memilih tempat tinggal,” ujar Ferry.

Rata-rata penghasilan yang dimiliki pekerja asing usia muda tersebut, menurut dia, sekitar USD1000-1500 per bulan sehingga membuat mereka kesulitan mencari hunian sewa atau apartemen sewa yang sesuai dengan anggaran mereka.

Remunerasi yang diterima para ekspatriat asal Asia tersebut, menurut Ferry, relatif kecil bila dibandingkan dengan ekspatriat negara-negara Barat. Terlebih lagi, dalam penghasilan pekerja asal Asia biasanya tidak termasuk biaya untuk sekolah anak-anak mereka.

Berdasarkan data Colliers, sekitar 25 hingga 30 persen ekspatriat muda asal Asia yang datang ke Indonesia sudah menikah. Namun kebanyakan perusahaan mereka tidak menyediakan akomodasi untuk pasangan dan anak-anaknya.

Akan tetapi, Ferry melihat hal ini justru menjadi peluang bagi individu pemilik apartemen yang ingin menyewakan unit apartemennya. Segmen market ekspatriat asal Asia ini, sebut Ferry lagi, relatif besar.

Ekspatriat segmen ini biasanya mereka tidak membawa serta keluarga mereka ke Indonesia sehingga pilihan hunian mereka cenderung pada apartemen kecil dengan harga terjangkau di sekitar tempat kerja mereka,” jelas Ferry. (AA)

TAGS : Ekspatriat DKI Jakarta Tiongkok Asia




TERPOPULER :