Sabtu, 06/03/2021 17:39 WIB

Uni Eropa Siapkan Balasan Tarif Impor AS

Menurut Komisi Eropa, tindakan balasan Uni Eropa akan menargetkan daftar produk senilai USD3,2 miliar

Bendera Uni Eropa (Foto: UB Post)

Ankara  - Komisi Eropa  mengadopsi sebuah regulasi yang mengatur langkah-langkah UE sebagai tanggapan atas pemberlakuan tarif impor baja dan aluminium Amerika Serikat.

"Langkah-langkah itu akan segera menargetkan daftar produk senilai USD3,2 miliar dan mulai berlaku pada Jumat 22 Juni," kata komisi itu dalam sebuah pernyataan.

Daftar barang AS yang dikenai tarif tambahan di perbatasan AS di antaranya adalah baja dan aluminium, barang-barang pertanian, dan kombinasi berbagai produk lainnya.

"Sesungguhnya kami tidak ingin berada dalam posisi ini. Namun, keputusan yang sepihak dan tidak adil dari AS untuk memberlakukan tarif baja dan aluminium di Uni Eropa menyebabkan kami tak punya pilihan lain," kata Komisaris Perdagangan Cecilia Malmstrom dalam sebuah pernyataan.

Malmstrom menegaskan bahwa balasan UE "terukur, proporsional, dan sejalan" dengan peraturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

"Jika AS menghapus tarifnya, maka kami juga akan membatalkannya," tandas dia.

AS mengumumkan bahwa mulai 1 Juni 2018, AS akan mengenakan bea tambahan masing-masingnya 25 persen dan 10 persen pada impor baja dan aluminium dari Uni Eropa.

Menurut komisi tersebut, keputusan AS mempengaruhi ekspor UE senilai USD7,4 miliar. Dari jumlah tersebut, UE akan menyeimbangkan kembali nilai ekspor senilai USD3,2 miliar sesegera mungkin.  (AA)

TAGS : Uni Eropa Sanksi Ekonomi Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :