Sabtu, 20/04/2024 16:17 WIB

Hal-hal yang Dilarang Dilakukan Saat Idul Fitri

Meski telah menyelesaikan ibadah Ramadan bukan berarti umat muslim bisa bebas melakukan apapun yang diinginkan. Pasalnya, dalam ajaran agama Islam ada beberapa hal yang dilarang 

Ilustrasi Lebaran (foto; Google)

Jakarta – Hari raya Idul Fitri merupakan hari dimana umat Islam merayakan kemenangan setelah berjuang selama sebulan dalam menjalankan puasa. Selain menahan lapar dan haus, umat muslim juga diperintahkan untuk menjada nafsunya.

Meski telah menyelesaikan ibadah Ramadan bukan berarti umat muslim bisa bebas melakukan apapun yang diinginkan. Pasalnya, dalam ajaran agama Islam ada beberapa hal yang dilarang dilakukan saat Idul Fitri telah tiba.

Berikut beberapa hal yang dilarang dilakukan saat merayakan Idul Fitri:

Berpuasa

Meskipun puasa merupakan amalan yang baik. Namun hukum berpuasa saat hari raya baik Idul Fitri maupun Idul Adha adalah haram.

Berlebihan saat Makan

Idul Fitri merupakan hari istimewa bagi umat islam. Sehingga banyak dari umat islam merayakan hari kemenangan itu dengan mengisi berbagai hidangan lezat untuk para kerabat dan tamu. Namun, dalam situasi tersebut, umat islam dilarang makan berlebihan.

Berlebihan dalam Berpakaian dan Berdandan

Tidak hanya makan, berpakaian dan berdandan secara berlebihan dan mencolok pun dilarang bahkan terkadang ada yang terkesan membuat aurat karena terlalu ketat.

Karena itu, sebaiknya dalam berpakaian tidak melanggar batas-batas syar’i yang telah ditetapkan baik bagi pria maupun wanita.

Mengulur Waktu Salat

Silaturahmi ataupun acara halal bihalal tidak bisa menjadi alasan untuk mengulur-ulur waktu salat fardu apalagi meninggalkannya.

 

KEYWORD :

Idul Fitri Muslim Lebaran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :