Sabtu, 27/04/2024 02:02 WIB

Puasa Bukan Alasan Tidak Berolahraga, Ini Tipsnya

Mungkinkah saat bepuasa kita masih bisa melakukan olahraga, mengapa tidak?

Mungkinkah saat bepuasa kita masih bisa melakukan olahraga? (Foto: Ilustrasi)

Jakarta - Apakah Anda pernah melakukan olahraga saat berpuasa?  Tubuh tetap membutuhkan latihan fisik agar tetap sehat dan bugar. Dengan berolahraga, dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dapat menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan dan menjaga kinerja organ-organ tubuh agar tetap optimal.

Menurut Expert dan Pelatih Fitnes Bersertifikat Dinda Utami, berapa pun lama waktunya yang penting konsisten dan apakah kita bisa memenuhi jadwal olahraga dengan baik.

"Seminggu dua kali sebanyak satu jam dicoba dulu baru nanti ditambah seminggu tiga kali. Intensitas dijaga  mulai 15 menit bisa yang penting menjalani dengan enjoy," ujar Dinda di acara "Empowering Healthy Lifestyle Through Detoxification to Achive Wellness Balance, di Jakarta.

Dinda mengatakan bisa latihan olahraga saat puasa antara lain kombinasi latihan beban, yoga, atau kardio. Olahraga disarankan dekat-dekat dengan waktu berbuka supaya tidak terlalu lelah.

"Menghitung langkah juga bisa idealnya 10.000 langkah tapi kenyataannya kan susah bisa diganti dengan jongkok-duduk sebanyak tiga set, banyakin jalan misal saat parkir kendaraan," jelas Dinda.
 
Bila perlu, lanjut Dinda, Anda bisa mencari fasilitas kesehatan yang dekat dengan keseharian atau misal di kantor bisa buka kelas kesehatan bersama.

KEYWORD :

Olahraga Puasa Kesehatan Latihan Fisik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :